Sebarkan berita ini:

 

30-bkt1SEMARANG[SemarangPedia] – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang mendukung upaya Pemkot segera merealisasikan pembangunan proyek normalisasi Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) Semarang, sebagai upaya untuk menagnggulangi bencana banjir.

Rencana Pemkot untuk normalisasi BKT iti bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) serta Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi mengatakan normalisasi sungai BKT itu merupakan salah satu program pemerintah dalam mengatasi banjir dan rob yang selalu melanda di wilayah timur Kota Semarang.

“Kita mengetahui wilayah Pedurungan, Genuk Kaligawe dan sepanjang kali BKT Semarang selama ini sering terdampak banjir, akibat rob maupun hujan deras, sehingga dewan siap mengalokasikan anggaran untuk pembebasan lahan pada APBD 2017,” ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan normalisasi BKT menjadi prioritas penting, terdapat pada pembebesan lahan karena persoalan yang muncul saat pembebasan lahan terjadi karena kurangnya sosialisasi pada masyarakat.

“Selagi masih ada waktu, Land Acquisition and Resettlement Action Plan (LARAP) dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL telah terpetakan tempat yang terdampak penertiban, maka  diharapkan Pemkot segera melakukan sosialisasi agar ke depan normalisasi berjaan lancar,” tuturnya.

Seperti diketahui pembebasan lahan normalisasi akan segera dilakukan di sepanjang BKT, sesuai dengan LARAP dan AMDAL yang kini memasuki tahap akhir dan diproyeksikan rampung tahun ini.

Pembangunan proyek normalisasi Banjir Kanal Timur diperkirakan bakal menertibkan pemukiman sebanyak 4.097 rumah yang tersebar di 21 kelurahan dan enam Kecamatan.

Dari ribuan rumah tersebut wilayah yang paling terdampak penertiban normalisasi BKT ada pada ruas jembatan Majapahit hingga jembatan Kaligawe. (RS)

 

124
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>