Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia]  –  Lomba durian yang digelar di Semarang Horti Expo 2017 di Kawasan Polder Tawang Jalan Merak Kota Lama Sabtu lalu (9/12) berlangsung meriah dan Muhammad Kholil, Petani dari Puncen Bubakan Kecamatan Mijen Semarang berhasil menjuarai Lomba Durian Unggul itu.

Durian unggul yang dinamkan Durian Yuyem, berhasil meyakinkan dewan juri dari Obor Tani, Majalah Trubus, Dinas Pertanian Kota Semarang, Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) dan Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) Jeteng.

Kategori yang menjadi penilaian cukup ketat, mulai dari ketebalan dan tekstur buah durian, kualitas daging durian dan rasa, jadi acauan dan Durian Yuyem yang dilombakan seberat 1,5 Kg itu mampu lolos penjurian.

“Saya namakan Yuyem karena saya ambil dari nama panggilan ibu saya Yu, Sutiyem,” ujarnya.

Menurutnya, pemilihan durian berawal  terdapat konsumen dari Medan yang begitu terkesan saat menikmati durian Yu Yemnya beberaopa waktu silam.

“Warga Medan, yang kebutulan penggemar durian bilang rasa durian ada manis, legit, sedikit pahit,  daging tebal komposisinya pas dan beda dari durian Medan,” ujarnya.

Mendengar respon tersebut akhirnya pria yang tergabung dalam Ketua Kelompok Tani Karya Makmur serius mulai mengembangkan Durian Yuyem.

Durian Yuyem dijual  dengan harga mulai dari Rp 90.000 – Rp 100.000 per buah dan baru pertama kali durian itu dilombakan sudah berhasiul bisa menang.

Keberhasilan itu, Muhammad Kholil mendapat uang pembinaan dari Dinas Pertanian Kota Semarang sebesar Rp3 juta.

“Ke depan saya akan mengembangkan kembali lewat sistem penanaman diplikat agar hasilnya bertambah banyak dan sama rasa maupun teksturnya buahnya,” tuturnya.

Pemenang lainya, untuk Juara II diraih Slamet warga Kelurahan Cepoko Kecamatan Gunung Pati, Juara III dan Harapan I diambil oleh Rohman dari kelurahan Purwosari Mijen.

Juara Harapan II diraih Nur Rahman dari Kelurahan Polaman Kecamatan Mijen dan Harapan III di sematkan pada Zuhri dar Purwoasari Mijen. (IIH/RS)

26
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>