Sebarkan berita ini:
Sukirman Wakil Ketua DPRD Jateng

SEMARANG[SemarangPedia] –  Kalangan legislatif menyarankan pemerintahkan dapat melakukan pemasangan alat early warning system (EWS) di berbagai daerah rawan bencana, dan memberikan edukasi kebencanaan bagi semua lapisan masyarakat, sebagai upaya meminimalkan terjadinya korban.

Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman mengatakan edukasi bencana kepada masyarakat harus terus dilakukan hingga menyadarkan warga akan pentingnya kewaspadaan untuk mengantisipasi jika terjadi bencana mereka cepat mengetahui dan segera menyeamatkan diri.

Menurutnya, bencana yang terjadi di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah harus menjadi peringatan dini bagi Jateng, sehingga perawatan dan pemasangan EWS di daerah rawan bencana dapat segera direalisasikan.

“Edukasi kebencanaan harus diberikan secara menyeluruh, mulai dari antisipasi bencana, saat kejadian bencana, dan penanganan pascabencana,” ujarnya, Rabu (4/10).

Bentuk antisipasi bencana, lanjutnya, di antaranya peningkatan kewaspadaan masyarakat terutama yang tinggal di wilayah rawan bencana.

Selain itu, dia menambahkan pemerintah juga harus melakukan pengecekan pada EWS yang sudah terpasang , jangan sampai kelihatannya masih ada tapi tidak berfungsi normal, sehngga jika terjadi bencana tidak dideteksi.

Bahkan Sukirman mengingatkan dengan rencana tata ruang dan wilayah tiap-tiap daerah juga yang harus sesuai peruntukkannya serta mengacu pada keselamatan warga dari berbagai bencana. (RS)

17
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>