Sebarkan berita ini:

19-Poto Kebonharjo1SEMARANG[SemarangPedia] – Proses evakuasi  oleh PT KAI terhadap sejumah bangunan di kawasan Kebonharjo, Kecamatan Semarang Utara, guna reaktifasi pembangunan rel kereta api (KA) baru di jalur stasiun Semarang Tawang – Pelabuhan Tanjung Emas berlangsung ricuh yang mengakibatkan satu warga meninggal dunia terkena serangan jantung.

Warga yang mengetahuinya dengan nama panggilan akrab Pak Mian meninggal, karena kaget saat melihat ribuan personil aparat dan tiga unit alat berat datang menghancurkan rumah warga Kebonharjo itu, Kamis. (19/5).

Menurut Sugiyo, korban meninggal bernama Jamian, warga RT 1 RW 10 Kebonharjo., tidak dapat ditolong saat dibawa ke Rumah Sakit Pantiwilasa, Citarum, Semarang.

“Dalam perjalanan ke rumah sakit, Pak Mian meninggal, karena tidak tertolong,” ujarnya

Sementara itu, puluhan warga yang berupaya mengadang alat berat di Jln utama dari Kawasan Kota Lama menuju Pelabuhan Tanjung Emas saat  hendak masuk ke dalam perkampungan semakin bringas setelah mengetahui ada gas air mata ditembakkan aparat untuk membubarkan mereka.

Upaya pembongkaran rumah warga itu, sempat diwarnai adu dorong antara warga dengan aparat,, namun karena banyaknya personel kepolisian dari Satuan Brimob Polda Jateng membuat warga pasrah rumah yang ditempati puluhan tahun akhirnya dibongkar.

Sengketa lahan yang berlarut-larut antara warga Kebonharjo dengan PT KAI di kawasan itu diawali dengana munculnya surat PT KAI mengklaim sebagai pemilik lahan Kebonharjo berdasarkan sertifikat groundkart dari zaman Belanda.

Namun, warga Kebonharjo bersikeras sah menghuni lahan di kawasan itu, karena mereka juga mengantongi sertifikat hak milik (SHM) yang dikeluarkan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) wilayah Semarang. (HN/RS)

90
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>