Sebarkan berita ini:

13-es-buto-ijoSEMARANG[SemarangPedia] – Lazimnya penjaja kuliner sering memakai nama singkatan ataupun nama orang tua sebagai pemikat pembelinya untuk naman kedai maupun nama jenis makanannya. Namun, ada satu kedai sangat beda dan mungkin anti mainstream dengan menggunakan nama jenis makluh halus.

Kedai yang berlokasi Jalan Hasanudin Semarang terang-terangan menggunakan nama sejenis makhlus halus yang sangat menyeramkan yakni Kedai Buto Ijo.

Mendengarnya saja memang membuat bulu kuduk merinding apalagi melihat rupa yang digambarkan tinggi besar berwarna hijau, begitu menyeramkan.

Jangan salah sangka dulu ternyata Buto Ijo yang dimaksud adalah sejenis es campur. Es campur ini sesungguhnya hampir sama dengan es lainya. Namun, yang menjadi unik dan berbeda adalah warna ijo dari sirupnya

Jamari, penjaja es Buto Ijo mengatakan warna hijau yang menjadi ciri khas itu merupakan warna 100% alami dari dedaunan suji yang diracik sedemikian rupa, sehingga menghasilkan aroma wangi.

“Banyak orang mengira sirup hijau pekat itu manis, padahal tidak. Malahan sirup ini agak sedikit pahit namun wangi,” ujarnya.

13-es-buto-ijo-hasanudinCampuran isi dalam Es Buto Ijonya, menurut pria asli Blora itu, berisikan agar – agar, puding susu, pacar cina, melon, dan rumput laut, kolang kaling dan natadecoco dicampur menjadi satu kedalam mangkok berisi es dan kemudian terakhir disiram dengan sirip hijau pekat.

Memang es Buto Ijo ini sangat menggiurkan sekaligus menghilangkan rasa dahaga. Untuk menikmati semangkok esnya cukup merogoh kocek Rp 7.000 saja, murah bukan.

Jadi jika kebetulan lewat Jalan Hasanudin di kawasan Poncol Semarang ada baiknya mampir dan mencicipi Es Buto Ijo. Kedai yang menggunakan asesoris gerobak kaca itu buka setiap hari mulai dari pukul 10.00 WIB – 17.00 WIB. (RS)

877
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>