Sebarkan berita ini:

Processed with VSCO

SEMARANG[SemaranPedia] – Melepas kelelahan dan meneduhkan badan setelah menahan panasnya terik matahari di Kota Semarang, bisa menyegarkan sekaligus penawar rasa lapar di kedai Es Pankuk dan Gado-Gado Pak Yono.

Kedai inilah yang paling pas untuk melegakan rasa dahaga dan kering tenggorokan.

Sajian Es Pankuk yang berlokasi di Jalan Tanjung Semarang ini memang sangat sederhana sekali. Walaupun begitu rasa dan paduan topingnya sungguh pas.

“Isinya hanya potongan roti, agar-agar dan potongan pankuk, alias panekuk (pancake) yang dibuat dari gandum dan telur kemudian diiris kecil-kecil,” ujar Tities Dwi Meinaratri anak kedua Pak Yono, sekaligus penerus racikan es kapada SemarangPedia.com.

Isian es, lanjutnya, kemudian dibubuhkan sekalgus dihidangkan tiga sendok es puter dengan varian rasa  coklat, durian, kelapa dan alpukat.

Es Pankuknya memang nikmat, membuat lega tenggorokan. Ketika es puternya memasuki mulut, sensasi dingin dari lumeran es yang lembut  mengantam dan menyejukkan rongga mulut. Ditambah kombinasi agar – agar, roti dan pankuknya yang sungguh nikmat.

Selain Es Pankuk, kedai Pak Yono yang sudah berdiri sejak 50 tahun lalau juga menghidangkan gado – gado yang dikelola Lilik   Bimantoro, anak pertama dari Pak Yono yang kini menjadi penurus pengracik bumbu gado – gado.

Yang spesial dari Gado Gado Pak Yono ini bumbu kacang dan bumbu rahasia kinchownya (asem dan gula jawa).

Processed with VSCO

“Bumbunya memang racikan Bapak (Pak Yono) dengan campuran rempah yang kemudian di turunkan ke anak anaknya,” tuturya.

Khasnya lagi gado-gadonya disajikan simple, memakai lontong, telur, irisan kentang, tomat,mentimun, dan selada. Kemudian di atasnya ditaburi bawang goreng, kerupuk dan emping. Porsinya sungguh banyak dan mengenyangkan

Jangan heran kalau warung Pak Yono ini sudah diliput oleh beberpa tv nasional maupun lokal. Bahkan artis pun juga pernah menyambangi kedainya.

“Yang pernah ke sini itu, mantan Walikota Semarang Sukawi Sutarip, artis Chacha Frederica Lia Ananta, Mus Mujiono sama Bapak Bondan Winarno dari Trans TV,” ujarnya.

Pecinta kuliner yang mau mencoba Ice Cream Pankuk dan Gado – Gado Pak Yono bisa datang ke kedainya yang buka setiap hari dari pukul 10.00 WIB-17.00 WIB. Warung Gado-gado ini juga sudah membuka beberapa cabang di beberapa tempat di Semarang.

Satu porsi gado-gado nya hanya seharga Rp 17.000 per porsi sementara untuk es pankuk dengan tiga rasa, cokelat, durian, dan kelapa muda dihargai Rp 13.000 per porsi. (RS)

837
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>