Sebarkan berita ini:
Ketua Kadin Kota Semarang Arnaz Agung Andrasmara

SEMARANG[SemarangPedia] – Sejumlah event  berskala nasional maupun internasional yang digelar di Kota Semarang dalam satu bulan terakhir ini mampu mendorong perekonomian, khususnya sektor perhotelan dan pariwisata.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Semarang Arnaz Agung Andrasmara mengatakan perhelatan berskala internasional maupun nasional yang diadakan di Kota Semarang berdampak positif terhadap perekonomian dan pariwisata.

Menurutnya, dalam satu bulan terakhir ini, terdapat tiga even besar di gelar di Kota Semarang terdiri Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), ajang Motocross internasional MXGP of Asia 2019 seri ke-12 serta  Asian School Games 2019.

Even internasional di Kota Semarang tersebut diikuti ribuan peserta baik nasional maupun mencanegera serta banyak dikunjungan wisatawan domestik dan wisatawan asing.

“Secara langsung jelas ada dampak positif terutama geliat perekonomian, karena para peserta maupun penonton even berbelanja kuliner maupun berbagai produk khas Semarang sehingga mendongkrak UKM dan UMKM,” ujarnya kepada semarangpedia.co.m

Selain iru, lanjutnya, sektor perhotelan juga terkena dampak positif hampi semua kamar dipenuhi peserta maupun wisatawan yang bermalam, untuk mengikuti perhelatan even nasional maupun internasional yang digellar di Kota Semarang.

“Kondisi itu, dapat terlihat dari peserta Rakernas Apeksi, peserta dan penonton Motocross internasional MXGP of Asia 2019 dan ASG 2019, sebagian mereka menyempatkan untuk mengunjungi sejumlah obyek wisata di Kota Semarang. Bahkan mereka terkesan dan akan kembali untuk mengunjungi lagi,” tuturnya.

Tidak hanya itu, tutur Arnaz, selama digelarnya even, tingkat hunian atau okupansi hotel di Kota Semarang semakin melonjak cukup signifikan.

“Tingkat okupansi hotel selama even berlangsung melonjak hingga 90%. Banyaknya tamu hotel yang menginap di Kota Semarang dan melakukan kunjungan ke sejumlah destinasi wisata, sehingga secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah,” ujarrnya. (RS)

 

27
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>