Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Festival Durian 2017 yang berlangsung tiga hari berturut mulai 24 hingga berakhir 26 Februari 2017 di Jatibarang Kota Semarang berhasil meraih kesuksesan, hingga mampu menyedot pengunjung sebanyak 28.000 orang dengan setiap hari mencapai 9.300 pengunjung yang hadir.

Selain menyuguhkan 20.000 buah durian baik lokal, unggulan maupum nasional yang menjadi daya tarik, agenda lain seperti lomba ukir buah, makan buah, kirab, gunungan durian, kroncong, fashiom show dan senam konservatif juga menarik perhatian hingga menyedot animo pengunjung yang tidak pernah suruh sampai festival durian berakhir.

Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, Wahyu Permata Rusdiana menuturkan berterima kasih kepada masyarakar baik warga Semarang maupun luar kota yang menyempatkan berkunjung ke Festival durian itu.

“Lancarnya acara tidak lebih berkat kerja keras penyelenggara acara, keterlibatan sponshorship dan didukung penuh Pemerintah Kota Semarang,” ujarnya.

Berbicara perihal sirkulasi data  khususnya pada agenda utama bursa durian, dia menuturkan tercatat 15 pedangang durian ikut berpartisipasi.

“Buah durian yang terjual selama tiga hari mencapai sebanyak 45.130 buah dengan harga per buah lebih kurang Rp 150.000,” tuturnya.

Sirkulasi itu, menurutnya terbilang relatif baik dari penjualan maupun pemasukan dibandingkan penyelenggaran tahun sebelumnya.

“Kekurangan maupun fakor penghambatan acara tetap ada, seperti hujan dan lapangan berlumpur, namun tidak menyurutkan semangat penjual hingga total transaksi yang berhasil diciptakan dari pedagang dalam tiga hari berturut – turut, sebesar lebih kurang Rp 6,8 milyar,” ujarnya.

Menanggapi dengan ada sejumlah kritikan perhal harga durian yang sedikit mahal, dia menuturkan wajar dan lumrah di tengah musim durian tahun ini hasilnya tidak mengembirakan akibat cuaca kurang mendukung .

“Kami memaklumi itu. Cuaca atau iklim penghujan, yang membuat rontoknya buah menjadi faktor agak turunya produksi buah dari Petani Lokal sehingga untuk melengkali di bursa durian kita hadirkan tidak hanya lokal, nasional dan kita telah sediakn pula durian binaan di sebelah kiri panggung utama,” tuturnya. (RS)

130
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>