Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Institut Prancis di Indonesia (IFI) dan Kedutaan Besar Prancis di Indonesia bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia Prancis (IFCCI) kembali menggelar rangkaian acara Festival Internasional Cita Rasa Prancis Good France secara serentak pada 21 Maret 2017 di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Bali.

Menteri Luar Negeri dan Pembangunan Internasional Republik Prancis Jean-Marc Ayrault mengatakan, pada 21 Maret, chef berbakat di berbagai negara akan menyajikan hidangan yang mencerminkan keunikan dan keberagaman cita rasa Prancis. Good France, menjadi momentum kita untuk bersama-sama mengapresiasi cita rasa khas Prancis yang menjadi warisan budaya sekaligus identitas serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya yaitu semangat berbagi, kebersamaan, kebahagiaan untuk berkumpul dan menyantap hidangan yang sehat!”

Tradisi gastronomi Prancis adalah sebuah ritual khas Prancis. Dalam tradisi tersebut terdapat pakem-pakem tertentu, yaitu rangkaian makan yang dimulai dengan aperitif atau menu penggugah selera, kemudian dilanjutkan dengan makanan pembuka, lalu ikan atau daging dengan sayur-sayuran, keju dan makanan penutup. Dekorasi meja dan bahasa tubuh (membaui dan menyicipi makanan yang dihidangkan) adalah pelengkap ritual.

Sebagai warisan budaya dan identitas mereka, masyarakat Prancis mengganggap tradisi gastronomi sebagai elemen penting. Tradisi makan-makan tersebut telah lama menjadi praktik sosial yang biasa mereka lakukan untuk merayakan momen-momen penting dalam hidup, seperti pernikahan dan ulang tahun. Praktik tersebut mempererat hubungan antar individu, baik teman maupun keluarga, dengan menekankan aspek berbagi dan kebersamaan.

Di Indonesia, Good France hadir di empat kota, meliputi Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Bali dengan total 36 restoran partisipan dengan konsep variatif; bistro, kontemporer dan haute gastronomie yang menawarkan menu beragam.

Di Jakarta, 19 restoran siap berpartisipasi pada malam perayaan cita rasa Prancis Good France 2017; Anigre, Bistro Baron, Branché Bistro, Chili Cool, Garçon, Immigrant Dining, Le Monde au Balcon, Lyon, Amuz Gourmet, Monty’s, Orient 8, Porto Bistreau Jakarta, Porto Bistreau Tangerang, Sea Grain, The Wine Cellar, Olivier, Emilie, AMKC dan Nusa Gastronomy.

Di Bandung, restoran Bilbao, Hilton Bandung-Fresco, Streats Ibis Styles Bandung Braga, OOPEN dan Purnawarman turut memeriahkan perayaan citarasa Prancis dengan suguhan istimewa.

Sementara itu tiga restoran di Kota Gudeg, yaitu LokaLoka Bistro, Mediterranea dan Paprika (The Phoenix Hotel) akan merayakan Good France pada tanggal 21 sampai dengan 26 Maret mendatang, dari siang hingga malam di Jogja istimewa

Di Surabaya, tiga restoran akan berpartisipasi menyuguhkan menu spesial Good France; Citrus Lee, The Consulate dan Vis à Vis-JW Marriot Surabaya sementara di Bali, menu khusus citarasa Prancis akan disuguhkan di Husk, Jimbaran Garden Intercontinental Bali Resort, Mozaiq Restaurant, Teatro Gastroteque, Cascades dan Cut Catch Cucina – Sofitel Nusa Dua Bali. (RS)

69
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>