Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Prodi Antropologi Sosial Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro (FIB Undip) Semarang kerja sama dengan LPPM UNUSIA akan menggelar diskusi publik yang mengusung tema “Moderatisme Dalam Tantangan”.

Diskusi terbuka untuk umum itu, akan digelar di GSG FIB Undip, Tembalang, Semarang pada Selasa (19/3), pukul 09.00 WIB hingga  – pukul 13.00 WIB.

Sejumlah pembicara dihadirkan terdiri Ketua LPPM Unusia, Dosen Antropologi Unnes Yasir Alimi PhD, Ketua FKUB Jateng Prof Dr Mudjahirin Thohir dan Ketua Prodi Antropologi FIB Undip Dr Amirudin.

Diskusi ini akan membedah tantangan-tantangan yang dihadapi moderatisme, melalui presentasi hasil riset yang dilaksanakan LPPM Unusia.

Dalam riset yang berjudul “Reproduksi Sosial Radikalisme Islam di Perguruan Tinggi”, bertujuan mengidentifikasi dan memetakan radikalisme di kampus, mulai dari telaah mengenai aktor, aktivitas, narasi dan respon kampus.

Riset ini dilakukan dan dilatarbelakangi oleh meningkatnya aspirasi Islam. Selama bertahun-tahun, pasca reformasi, kampus ditengarai sebagai salah satu tempat persemaian gerakan radikalisme.

Secara umum, potensi intoleransi dan dukungan terhadap kekerasan (misalnya yang dilakukan oleh ISIS) sangatlah tinggi pada kelompok terdidik yang berasal dari lembaga pendidikan. Bukam hanya pada mahasiswa, tetapi juga staf pengajar.

Bagaimana itu semua terjadi? hal itu yang akan dibahas.

Diskusi terbuka untuk umum. Konfirmasi peserta dapat menghubungi Angga contact person 0822-6020-2262. (RS)

 

41
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>