Sebarkan berita ini:
Dekan FIB Undip Semarang Dr Nurhayati M Hum

SEMARANG[SemarangPedia] – Fakultas Ilmu Budaya Universitas  Diponegoro (FIB Undip) Semarang akan membuka program doktoral (S3) kebudayaan, menyuaul ijin pendiriannya dalam  proses Kemendikti.

Dekan FIB Undip Semarang Dr Nurhayati M Hum mengatakan ijin pendirian program S3 ini sudah diajukan sejak 2018 . Program ini lebih luas cakupan bidangnya sehingga bisa menerima lulusan program magister (S2) Lingusitik dan Susastra untuk melanjutkan studi lanjut atau ke S3.

“Pembukaan program doktoral ini juga untuk mendukung kebutuhan tenaga dosen bergelar doktor di Undip, guna mencapai target masuk 500 besar perguruan tinggi terbaik internasional,” ujar Nurhayati di Semarang, Rabu (17/7)

Menurutnya, saat ini FIB Undip sudah memiliki satu program doktoral bidang Sejarah yang hanya bisa menampung lulusan lulusan  S2 Sejarah.

Jika ijin program pendirian program S3 kebudayaan terbit, lanjutnya, maka secara tidak langsung akan mendukung upaya pemenuhan kebutuhan tenaga dosen bergelar doktor di Undip , sekaligus untuk menggapai target masuk 500 besar perguruan tinggi terbaik internasional.

Dia menambahkan untuk bisa memposisikan diri sebagai universitas berkelas dunia salah satunya harus memenuhi jumlah guru besar yang dimiliki, selain terpenuhinya jumlah dosen berstatus, lektor kepala, doktor, dan publikasi hasil penelitiannya.

Masa perkuliahan program doktoral Kebudayaan ini, tutur Nurhayati, maksimal selama tujuh tahun. Meski begitu saat memasuki  semester II akan  dilakukan evaluasi terhadap mahasiswa, sehingga bila ada kendala bisa dilakukan bimbingan oleh dosen.

Sedangkan materi perkulihan lebih banyak melakukan riset-riset, dibandingkan kegiatan perkuliah di dalam ruangan kelas.

“Untuk meraih gelar doktor nantinya tidak ada lagi sidang terbuka, tapi hanya ujian disertasi mahasiswa secara tertutup,” tuturnya. (SMH/RS)

7
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>