Sebarkan berita ini:

31-FinaSEMARANG[SemarangPedia] – Fina Larasanti (22) merupakan anak seorang pemulung dan berkehidupan pas-pasan di keluarganya. Sejak kecil berada dilingkungan pengepul rongsok di kampung Karanggeneng RT 6 RW 1, Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.

Dia berencana menempuh kuliah magister Ilmu Politik di Universitas Singapura yang mencatat predikat universitas terbaik di dunia Internasional.

“Saya akan sholat istikharoh dulu untuk memilih lembaga pendidikan toefl dulu, agar skorenya menjadi 600-700. Insya Allah, Januari tahun depan sudah siap melanjutkan kuliah lagi,” tutur Fina, Minggu. (31/7)

Fina memiliki keluarga tujuh bersaudara dan dua adiknya masih duduk di bangku kuliah dan lima saudara kandungnya masih jenjang tingkat SD dan SMP. Meski begitu, kerja keras dan niatnya menorehkan hasil bagi orang tuanya.

“Allhamdullilah, perjuangan saya yang tiap hari menempuh perjalanan dengan jarak tujuh kilometer dari rumah untuk berkuliah di Unnes ternyata tidak sia-sia,” tutur wanita berparas cantik itu.

Fina menuturkan terharu karena dapat mewujudkan cita-cita ayahnya yang setiap hari hari mengais barang rongsokan dan bahkan dia juga harus membantu mencari pekerjaan sampingan untuk tambal sulam biaya kuliahnya.

“Ya harus pontang-panting cari biaya kuliah tambahan, karena harus bantu Bapak juga. Selama kuliah, saya pernah jadi pemetik cengkeh, penjaga toko, pokoknya apapun saya lakukan agar dapat lulus kuliah,” ujarnya.

Tidak mudah untuk meraih predikat mahasiswa terbaik di Unnes. Setiap semester selalu mendapatkan Indeks Prestasi yang cumlaude.

“Kenyataannya yang bmembuat saya dapat nilai tertinggi. Enggak nyangka karena ketemu Pak Hendi(Walikota Semarang) beberapa waktu lalu kebetulan banget saat di DPRD Semarang,” tuturnya.

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Fakhturohman mendapuk sebagai lulusan terbaik tahun akademik 2016-2017. Literasi skripsi Fina berjudul “Marketing Politik Pasangan Calon Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti” membawanya meraih hasil cumlaude dengan IPK 3,77 yang ditempuh dalam waktu tiga tahun 10 bulan di Universitas Negeri Semarang. (RS)

97
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>