Sebarkan berita ini:
Dr Drs Ketua FKPT Jateng

SEMARANG[SemarangPedia] – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Jawa Tengah (FKPT Jateng) menyelenggarakan kegiatan literasi digital yang diikuti kalangan mahasiswa, pemuda dan wartawan agar memiliki kemampuan untuk mencegah berkembangnya ideologi radikalisme dan terorisme melalui dunia maya.

Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Provinsi Jawa Tengah ( FKPT Jateng) Dr Drs Budiyanto SH, M.Hum mengatakan kegiatan ini dijadwalkan akan berlangsung Senin (10/9) di hotel Lor In Solo.

Pesertanya kalangan mahasiswa, pemuda, aktifis pers kampus, wartawan dan pegiat media sosial (medsos).

“Dalam satu dekade terakhir para teroris telah menggunakan fasilitas internet dalam melakukan aksinya, terutama dalam membangun opini , melakukan rekrutmen kader teror dan mengembangkan isu-isu ujaran kebencian yang ujung-ujungnya menjadi ancaman perpecahan bangsa, ini harus kita lawan,” ujar Budiyanto di Semarang, Sabtu (8/9).

Menurutnya, gerakan terorisme merupakan kejahatan kemanusian luar biasa yang diputuskan menjadi musuh bersama oleh masyarakat interasional. Demikian juga di Indonesia, kejahatan ini juga tidak mendapat tempat untuk berkembang dan bergerak.

Dengan demikian, lanjutnya, gejala-gejala atau benih-benih teror harus diberangus sejak dini melalui gerakan pencegahan. Literasi digital yang akan dilaksanakan ini merupakan salah satu upaya pencegahan agar terorisme agar bisa dicegah melalui berbagai gerakan partisipasi masyarakat di dunia maya.

Dia menuturkan maksud dan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya generasi muda mengenai pentingnya peran media massa pers dan new media dalam upaya pencegahan terorisme, memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai dampak negatif internet sebagai salah satu sarana penyebarluasan paham radikalisme dan terorisme.

Memberikan gambaran secara jelas mengenai terorisme di Indonesia meliputi ancaman, kerawanan hingga pertumbuhannya sebagai bagian dari kewaspadaan bersama dalam upaya pencegahan terorisme, meningkatkan sinergi antara FKPT sebagai bagian terdepan di masyarakat dalam upaya pencegahan terorisme dengan media massa pers dan new media, mendorong media massa untuk meningkatkan efektifitasnya sebagai salah satu sarana pencegahan terorisme, sekaligus menekan fungsi sebaliknya.

Terakhir, tutur Budiyanto, mendorong masyarakat khususnya generasi muda untuk lebih bijaksana dalam menggunakan internet, sehingga mampu menimbulkan daya cegah dan tangkal terhadap penyebarluasan paham radikalisme dan terorisme.

Ketua PWI Surakarta yang juga Pemimpin Redaksi Joglosemarnews.com, Anas Syahirul akan tampil menjadi narasumber dalam kegiatan ini bersamna narasumber dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Dewan Pers. (SMH/RS)

19
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>