Sebarkan berita ini:
Ilustrasi

UNGARAN[SemarangPedia] – Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Semarang terus mengoptimalkan semangat toleransi antar umat beragama, sebagai upaya untuk menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Ketua (FKUB) Kabupaten Semarang H Sinwani mengatakan pihaknya akan terus menguatkan semangat toleransi antar umat beragama di wilayahnya.

Menurutnya, upaya itu  akan diwujudkan dalam bentuk kegiatan pertemuan lintas agama dengan mengundang para tokoh agama dan tokoh masyarakat termasuk generasi muda.

“Kegiatan ini penting untuk menumbuhkan semangat toleransi antar umat beragama. Sekaligus menekan paham radikalisme agar tidak berkembang menjadi tindakan yang merugikan persatuan dan kesatuan bangsa dan daerah,” ujarnya saat seminar dan pertemuan lintas agama dan generasi muda di Tuntang, Selasa siang.(31/1)

Dia menambahkan pihaknya akan memfasilitasi pertemuan bertema toleransi dan mempererat persatuan di antara para penganut agama. Langkah itu diyakini akan memberikan bekal pengetahuan toleransi yang cukup bagi generasi muda agar tidak terjerumus dalam paham radikalisme.

“Sampai saat ini Kami belum menemukan adanya indikasi simpatisan radikal semacam pengikut ISIS atau Islamic State (IS) di Kabupaten Semarang. Kami yakin acara semacam ini dapat meningkatkan rasa toleransi dan saling menghargai diantara para penganut agama,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha yang juga ketua Dewan Pembina FKUB mengatakan pluralisme dan keberagaman termasuk para penganut agama yang berbeda merupakan kekayaan bangsa yang harus dibina dan dilestarikan.

“Perbedaan itu menjadi mozaik yang indah jika Kita mampu menjalin persatuan dan menjaga sikap toleransi terhadap penganut agama yang berbeda,” tuturnya.

Dia berharap agar FKUB dapat mengoptimalkan fungsinya menjadi wahana menjalin komunikasi dan rasa saling menghormati diantara para pemeluk agama dan kepercayaan yang ada. (RS)

128
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>