Sebarkan berita ini:

5-Front BersatuSEMARANG[SemarangPedia] – Sejumlah perwakilan aksi unjukrasa dari Front Nelayan Bersatu akhirnya diterima Komisi B DPRD Jawa Tengah, setelah mereka melakukan aksi di depan Gedung Berlian, Jalan Pahlawan, Semarang (5/9).

Perwakilan Front Nelayan Bersatu diterima dua anggota Komisi B DPRD Jawa Tengah yakni Riyono dari Fraksi PKS DPRD Jateng dan Didiek Herdiana dari Fraksi PDI Perjuangan di ruang rapat DPRD Jateng.

Dalam pertemuan tersebut,  Didiek mengapresiasi aksi damai yang dilakukan para nelayan dan pelaku usaha perikanan di wilayah Jawa Tengah, yang terus berupaya agar pelarangan penggunaan alat tangkap cantrang dihapuskan.

Menurutnya, Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 2 Tahun 2015 tentang pelarangan penggunaan pukat hela dan pukat tarik di perairan RI, tetap menjadi perhatian Komisi B DPRD Jateng  sebagai wujud mendukung pertumbuhan usaha perikanan tangkap di Jateng.

“Kami juga sudah melakukan uji petik atas kebijakan tersebut tapi sampai sekarang belum ada respon positif,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Riyono menambahkan dari hasil uji petik yang dilakukan pada Mei 2015 di perairan Tegal oleh DPRD Jateng, Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng, bersama perwakilan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI), menunjukkan cantrang tidak merusak lingkungan.

“Dengan demikian, Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 2 Tahun 2015 tentang pelarangan penggunaan pukat hela dan pukat tarik di perairan RI harus direvisi. Dengan begitu, kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi itu dapat ditunda hingga 2018 mendatang,” tuturnya.

Dia mengharapkan aksi para nelayan terkait penolakan Permen Kelautan dan Perikanan ini mendapat perhatian serius pimpinan DPR RI, MPR RI, hingga Presiden. (RS)

86
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>