Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] –¬† Puncak acara Peringatan Hari Jadi ke-19 Forum Wartawan Pemprov dan DPRD Jateng (FWPJT) berlangsung meriah dan gayeng penuh kebersamaan dengan memilih lesehan serta hiburan live music, yang digelar di lobby kantor Gubernur Jateng, Selasa malam, (16/5).

Acara itu dihadiri Ketua DPRD Jateng Rukma Setiabudi, Sekda Provinsi Jateng Sri Puryono, Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Bupati Kudus H. Musthofa, Kepala Humas Bank Jateng, Ketua Bawaslu Jateng, Ketua KPU Jateng dan beberapa mitra FWPJT yang selama ini membantu dalam kegiatan FWPJT.

Ketua FWPJT Damar Sinuko mengatakan di usianya yang ke-19, FWPJT telah menunjukkan eksistensinya, meski dengan perjuangan yang luar biasa. Namun demikian, berkat kerja keras teman-teman wartawan, FWPJT mampu menggelar berbagai kegiatan.

“Setiap kegiatan pengurus dan anggota FWPJT bekerja keras untuk mensukseskan dengan menggandeng beberapa mitra yang selama ini mensupport kegiatan mereka,” ujar Damar.

Dia menyampaikan terima kasih kepada mitra-mitra Forum di antaranya Gubernur Jateng, Sekda Jateng, Walikota Semarang, Romo Budi, Bank Jateng, Bupati Kudus dan yang lainnya.

“Untuk itu, kami atas nama FWPJT ingin memberikan kenang-kenangan sebagai ucapan terima kasih kami. Dan kami berharap dukungan dan supportnya untuk memerangi berita HOAX yang belakangan membuat resah masyarakat. Kami bertekad memerangi itu demi pembangunan Jawa Tengah,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Jateng Rukma Setia Budi juga menyampaikan terima kasih atas kerja sama selama ini.

“Saya menyampaikan selamat kepada FWPJT yang hari ini genap berusia 19 tahun. Usia tersebut bukan lagi kecil, tapi melalui perjalanan panjang,” ujar Rukma.

Rukma mengatakan di usianya yang ke-19, diharapkan rekan wartawan yang ada di dalamnya tetap menjunjung etika jurnalistiknya dan memberikan informasi kepada masyarakat yang adem, karena kekuatan jurnalistik itu sangat luar biasa, bisa mengangkat orang dan bisa juga menjatuhkan orang.

Dengan demikian,  lanjutnya, jurnalis diharapkan memberikan edukasi kepada masyarakat dengan berpedoman pada Pancasila, Bhineka Tunggal Eka demi keutuhan NKRI.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Sri Puryono berharap kebersamaan yang selama ini terbangun supaya terus dijaga dengan baik.

“Kita semua dapat mengambil peran sesuai dengan tugas fungsi masing-masing untuk mencerahkan, mengedukasi dan mensejahterakan rakyat jateng,” ujar Ganjar.

Menurutnya, Jurnalisme Damai itu terasa menyejukkan. Penting untuk terus dihembuskan dan diaktualisasikan dalam kehidupan pers saat ini. Selain pers juga harus bias menginspirasi masyarakat dalam membangun budaya damai, bukan menghentak dan provokatif.

“Hal tersebut perlu saya tekankan mengingat saat ini kita betul-betul dihantam oleh pemberitaan dan informasi-informasi menyesatkan, menghasut, menebar kebencian, provokatif di media sosial dan HOAX yang betul-betul meresahkan masyarakat karena bisa memecah belah kerukunan dan persatuan bangsa,” tuturnya.

Ganjar juga berpesan pers harus mengambil peran untuk menciptakan suasana yang sejuk dan damai.

“Maka kepada seluruh insan pers, saya berharap betul bisa mengedepankan jurnalisme damai. Jadilah pers yang mampu menjaga dan meneguhkan kerukunan, perdamaian dan menguatkan nilai-nilzi toleransi antarkomponen masyarakat,” ujarnya.

74
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>