Sebarkan berita ini:

15-Ganjar PranowoSEMARANG[SemarangPedia] – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta  seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dalam penyusunan APBD Jawa Tengah 2017, untuk menghitung dengan teliti dan cermat agar semua target Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa tercapai.

 

“Politik anggaran tahun depan saya minta semuanya untuk menghitung betul. Tidak ada asumsi perkiraan. Harus pada data-data statistik dan proyeksi-proyeksi yang secara ilmu ekonomi terukur dan riil,” ujarnya usai menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT Ke-66 Provinsi Jateng yang dilaksanakan di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Senin (15/8).

 

Pada APBD Perubahan Provinsi Jateng 2016 ini, lanjutnya, tidak ada penambahan program dan anggaran, karena pendapatan daerah mengalami penurunan sebesar Rp 1,1 triliun dari target Rp14,810 triliun.

 

Menurutnya, penurunan pendapatan juga terjadi di provinsi lain bahkan di tingkat nasional.

 

Meski terdapat penurunan, dia memastikan, anggaran pembangunan untuk rakyat tidak akan berkurang, atau pemotongan. Penyesuaian anggaran, dilakukan dengan melakukan efisiensi pada anggaran yang tidak terlalu penting seperti anggaran rapat.

 

“Tidak memotong hak rakyat, yang saya potong adalah hak kita kayak rapat-rapat, repot, seperti kunjungan tidak penting, dikurangi. Kalau untuk rakyat, tidak kita ganggu,” tuturanya

 

Pada 2017, dia menambahkan akan konsentrasi pada pengentasan kemiskinan mengingat angka kemiskinan masih tinggi, sehingga perlu penanganan serius.

“Anggaran tahun depan akan kita dasarkan pada daerah yang lebih miskin, kemudian kita sasar kelompok miskinnya, sehingga konsentrasinya bisa terarah,” ujarnya.

 

Menurutnya, penghematan-penghematan yang sudah dilakukan sebelumnya bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih prinsip, sehingga jika terdapat kabar memotong hak rakyat itu tidak benar. (RS)

76
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>