Sebarkan berita ini:

18-Gubernur1SEMARANG[SemarangPedia]-Gubernur Jawa Tengah  Ganjar Pranowo dan Istri Atikoh mengantarkan putra semata wayangnya M Zinedine Alam Ganjar pada hari pertama sekolah di SMPN 2 Semarang, Senin (18/7) pagi.

Menurut Ganjar, komitmen orangtua untuk mengantar anak ke sekolah akan menciptakan komunikasi yang intens dengan anak. Pasalnya, selama perjalanan anak memiliki kesempatan untuk bercerita tentang kehidupan sekolahnya.

Selain itu, lanjutnya, orang tua juga dapat menjalin komunikasi yang intens dengan para guru untuk memantau perkembangan anak saat di sekolah.

“Kadang kita lambat mengikuti (perkembangan anak). Kalau kita lambat, kita tidak tahu apakah anak kita belajar dengan baik, apakah anak kita juara, gimana cara kita mengapresiasi mereka. Atau mungkin anak kita sedang ada masalah dengan gurunya, dengan teman, atau dengan hal-hal yang dilarang. Orang tua harus perhatian. Ngobrol aja,” ujarnya di sela-sela saat mengantar putranya di SMPN 2 Semarang.

Neburutnya, aktivitas mengantarkan anak ke sekolah pada hari pertama, tidak hanya memupuk percaya diri (PD) anak, namun juga membentuk kedisiplinan pada diri anak. Misalmya, putranya yang kini kelas IX SMP, sebelumnya pernah bermalas-malasan untuk berangkat ke sekolah, sehinga menduga putranya  rindu untuk diantar orang tuanya ke sekolah.

“Anak saya pernah agak malas. Bangunnya siang. Ada apa? Ternyata dia sendiri rindu diantar (ke sekolah). Maka, dulu saya setiap hari mengantar (anak ke sekolah) sebelum ke kantor. Lama-lama dia terbiasa, asyik, mulai mendisiplinkan diri. Lalu bilang, Yah, aku berangkat sendiri. Saat itu, kita sudah cukup mengantar dia untuk PD,” tuturnya.

Ganjar mengharapkan aktivitas mengantarkan anak ke sekolah tidak hanya berlangsung sekali atau dua kali. Jika ada waktu dan kesempatan, misalnya, tiap hari sambil berangkat kerja, orang tua diminta mengantarkan anaknya ke sekolah.

“Saya berharap, apa yang diimpikan Pak Anies Baswedan untuk mengantar (anak ke sekolah) tidak hari ini saja,” sarannya.

Meski diizinkan mengantarkan anak ke sekolah, Ganjar berpesan agar para orang tua yang bekerja sebagai pelayan publik, seperti PNS, tidak menyalahgunakan kesempatan tersebut untuk membolos. (RS).

 

129
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>