Sebarkan berita ini:

ACDM1SEMARANG[SemarangPedia] – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo resmi membuka Forum tingkat ASEAN, dalam The ASEAN Committee on Disaster Management (ACDM) yang digelar di Hotel Gumaya Semarang, Selasa. (26/4).

Forum ACDM akan menjadi momentum penting dalam memperkuat dan meningkatkan perannya dalam penanggulangan bencana di kawasan Asia Tenggara.

Kegiatan yang akan membahasnya selama empat hari ke depan, di antaranya ASEAN Day for Disaster Management, ACDM Meeting, Joint Task Force Meeting to Promote Synergy With Other Relevant ASEAN Bodies on HADR (Humanitarian Assistance And Disaster Relief).

Sebanyak 10 dari 18 negara itu terdiri negara-negara anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) yakni, Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand (lima negara ini pendiri ASEAN), Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Sementara 8 negara lainnya merpakan negara-negara pendonor partisipan, satu di antaranya Australia.

Ganjar mengataka Jawa Tengah terkesan kini menjadi pasar bencana alam, sehingga wilayah ini patut disebut sebagai laboratorium bencana.

Dengan demikian, lanjutnya pemeritah akan terus mendorong semua pemangku daerah di kabupaten/kota untuk menjadikan masyarakatnya sebagai warga yang tangguh bencana.

“kondisi itu, semakin diperkuat dengan kearifan lokal dalam menghadapi setiap bencana alam, baik penanganan awal sampai pemulihan pasca bencana (recovery),” ujarnyasaat membuka orum itu, Selasa. (26/4)

Dia menyarankan bagaimana budaya gotong royong antar warga dalam menghadapi bencana alam, agar bisa menginspirasi para negara lain, yang mulai pagi ini bias duduk bersama.

 

41
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>