Sebarkan berita ini:

13-Ganjar1SEMARANG[SemarangPedia] – Kalangan pengusaha mempertanyakan jaminan yang diberikan mengikuti program Tax Amnesty kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajikan akan menjamin aset milik pengusaha.

Selain itu, pertanyaan yang muncul di antaranya jaminan apa yang akan diberikan kepada pendaftar tax amnesty setelah aliran dananya yang disimpang bank luar negeri masuk ke dalam negeri, dan apakah ada ruang private bagi mereka yang sudah melapor.

“Ada pula yang bertanya, kepada Gubernur, apa ini bukan ‘jebakan batman’. Saya jawab ndak ada. Negara yang akan menjamin hari ini. Bahkan akan diperjelas secara bersih,” ujar Ganjar pada Sosialisasi Tax Amnesty yang dibuka Presiden Jokowi di Patrajasa Convention Hotel, Semarang, Selasa. (9/8).

Orang nomor satu di Jawa Tengah ini meyakinkan bahwa aset yang dilaporkan tidak akan dipertanyakan dari mana sumbernya dan tidak akan ditelusuri asal mula dana itu di kemudian hari.Namun, disarankan negara akan mendapat modal untuk pembangunan.

“Pajak bisa dijelasin dengan baik bahwa ini tidak ada korelasinya dengan KPK yang akan mencari-cari temuan,” tuturnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani yang ikut hadir pada acara sosialisasi progan Tax Amnesty itu menambahkan dalam amnesti pajak, tidak dikenai sanksi administrasi perpajakan dan sanksi pidana di bidang perpajakan, dengan cara mengungkap harta dan membayar uang tebusan.

Menurutnya, tarif uang tebusan terbagi tiga jenis yaitu tarif uang tebusan harta repatriasi, tarif uang tebusan harta deklarasi, dan tarif uang tebusan bagi wajib pajak UMKM.

“Tarif uang tebusan yang dikenakan pun bervariasi. Semakin cepat wajib pajak mengungkapkan nilai harta, tarifnya semakin kecil. Tarif tebusan bagi wajib pajak UMKM lebih kecil karena Presiden menargetkan minimal 10.000 UMKM ikut tax amnesty. Tebusan untuk UMKM dengan harta sampai Rp10 miliar hanya 0,5% dan lebih dari itu 2%,” ujarnya. (RS)

116
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>