Sebarkan berita ini:

21-bencanaCILACAP[SemarangPedia] – Masyarakat di daerah rawan bencana diminta untuk bergotong-royong dan melakukan mitigasi bencana yang akan dibantu TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), sebagai upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran serta peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghimbau masyarakat di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor di wilayahnya untuk bergotong royong melakukan mitigasi bencana.

Menurutnya, bencana banjir yang sudah mulai mengancam di beberapa kabupaten, seperti Cilacap, Banyumas, dan Purbalingga, agar masyarakat berperilaku hidup sehat serta melakukan upaya antisipasi.

“Tanah-tanah gersang dan longsor kita tanami bareng-bareng, selokan-selokan kita bersihkan, sampah dibuang pada tempatnya dan sungai-sungai yang dangkal kita keruk bareng-bareng. Kerja sama gotong royong ini akan menyelamatkan kita semua,” ujarnya saat menjadi inspektur upacara Pembukaan Program Reguler TMMD Ke-97 TA 2016 di Wilayah Kodim 0703//Cilacap yang dipusatkan di Desa Mekarsari Kecamatan Cipari, Selasa. (20/9)

Dia mengharapkan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dapat diparalelkan dengan upaya pengendalian bencana, mengingat saat ini beberapa desa di Cilacap banyak yang terkena bencana banjir.

“Kalau perlu setelah TMMMD mengerjakan tugas utama yang sudah selesai bisa diparalel dengan membantu daerah yang kebanjiran. BPBD sudah kita turunkan, mungkin dari Satpol PP, tentu dari TNI/Polri sudah semuanya,” tuturnya.

Kegiatan TMMD di Desa Mekarsari Kecamatan Cipari Cilacap ini akan dilaksanakan selama 30 hari mulai 20 September-19 Oktober 2016. Satgas TMMD akan diikuti 150 aparat TNI dibantu 330 orang yang terdiri dari dinas/instansi, ormas, linmas, masyarakat dan pelajar.

Kegiatan TMMD meliputi pembangunan irigasi, gorong-gorong, tempat pompa air, MCK dan rehab RTLH sebanyak 25 unit. Satgas juga memberikan pelayanan pengobatan gratis untuk warga dan ternak, pelayanan KB, pembuatan kartu kuning dan akta kelahiran gratis, serta pelatihan servis sepeda motor, pembuatan pupuk, pengelolaan industri kecil hingga kegiatan lainnya. (RS)

80
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>