Sebarkan berita ini:

1-penghargaanSEMARANG[SemarangPedia] – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) sebagai pembina ketahanan pangan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penghargaan diserahkan Presiden selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan Nasional, kepada Gubernur melalui Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko di Istana Negara, Rabu (29/11).

Presiden Joko Widodo mengatakan peran para penerima penghargaan dalam memajukan pangan nasional sangat vital.

Menurutnya, untuk  para penerima penghargaan untuk tidak berhenti berkarya dan terus menciptakan inspirasi-inspirasi yang dapat meningkatkan produktivitas masyarakat di bidang pangan.

Presiden menuturkan pemerintah berkomitmen penuh terhadap upaya pembangunan ketahanan pangan nasional seperti berupaya dengan melakukan dan mengarahkan anggaran dana desa, pada kegiatan yang dapat meningkatkan produksi pangan.

“Penggunaan dana desa akan terus dikontrol agar bisa masuk pada kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan produksi pangan. Salah satu contohnya adalah pembangunan embung,” tutur Jokowi.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko mengatakan penghargaan yang diterima Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tidak lepas dari peran banyak pihak mulai dari petani, penyuluh, hingga jajaran dinas/SKPD terkait.

Menurutnya, penilaian penghargaan kali ini untuk kategori pembina ada ketentuan minimal menjabat sebagai kepala daerah selama tiga tahun. Dengan demikian, semua yang dilakukan benar-benar di bawah kendali kepala daerah yang bersangkutan, bukan pimpinan terdahulu.

“Indikator yang menjadi penilaian di antaranya, keberhasilan melaksanakan tugas pokoknya dalam penyelenggaraan pemerintahan. Seperti pelayanan, regulasi, prakarsa dan fasilitasi untuk mewujudkan kedaulatan pangan. Termasuk pengelolaan sumber daya manusia (SDM) pertanian,” tuturnya.

Dia menambahkan setelah diterimanya penghargaan APN, tidak berarti upaya mewujudkan kedaulatan pangan berhenti. Namun, sebaliknya semakin memotivasi Pemprov Jateng untuk mewujudkan kedaulatan dan kemandirian pangan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah Whitono mengatakan prestasi gubernur memperoleh penghargaan APN atas kontribusinya dalam mewujudkan ketahanan pangan, kemandirian pangan, dan kedaulatan pangan nasional.

“Terlebih, selama menjabat sebagai gubernur, inovasi dan terobosan dalam memajukan sektor pangan luar biasa,” ujarnya.

Selain Ganjar Pranowo, Jawa Tengah juga meraih delapan penghargaan lainnya yakni, Agustanto, Kepala Desa Brojol Kecamatan Miri Kabupaten Sragen (Pembina Ketahanan Pangan Tingkat Desa), drh Leni Sri Lestari, dokter hewan UPTD Poskeswan Dinas Pertanian Kabupaten Sukoharjo (pelayan/ pengawas), Warno AMd Penyuluh THL TBPP Balai. (RS)

122
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>