Sebarkan berita ini:

12-PenghargaanSEMARANG[SemarangPedia] – Penghargaan kembali diberikan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Inovatif,  yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo.

Penyerahan penghargaan itu, diselenggarakan pada Malam Apresiasi Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2016 di Hotel Intercontinental Kota Bandung, Kamis malam (11/8). Acara yang digelar oleh salah satu media nasional itu, Gubernut Jateng memperoleh penghargaan kategori transparansi layanan publik.

Kepala Biro Humas Setda Provinsi Jawa Tengah Sinoeng N Rachmadi mengatakan Gubernur  menerima penghargaan sebagai Gubernur Inovatif dengan kategori transparansi layanan publik.

Menurutnya, orang nomor satu di Jawa Tengah itu dinilai telah membuka lebar keterbukaan informasi dan transparansi di masa kepemimpinannya sejak di menjabat 2013.

“Melalui keterbukaan informasi di semua kanal sistem informasi, baik SMS hingga media sosial, memudahkan warga untuk berkomunikasi dengan pemimpinnya dalam melaporkan kondisi suatu daerah, termasuk, pertanyaan, dan kritikan,” ujarnya dalam rilis yang diterima Semarangpedia.com Jumat (12/8).

Sinoeng menuturkan Ganjar dinilai mudah menyerap masukan dari masyarakat dan bertindak cepat karena mengelola sendiri akun twitternya @ganjarpranowo. Bahkan komitmen clean government-nya, juga mendapat apresiasi penghargaan dari KPK atas pengendalian korupsi dengan jumlah laporan gratifikasi terbanyak pada 2015.

“Penghargaan yang sama juga pernah diterima Gubernur Ganjar pada 2014 lalu di Surakarta,’ tuturnya.

Pada malam apresiasi tersebut, lanjutnya, ada lima Gubernur lain yang mendapat penghargaan Gubernur inovatif  terdiri Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dengan kategori pembangunan pendidikan, Gubernur Maluku Said Assagaff (sosial kemasyarakatan), Gubernur Jawa Timur Soekarwo (pembangunan ekonomi), Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (tata kelola pemerintahan), dan Gubernur Banten Rano Karno (pembangunan infrastruktur).

Walikota Semarang

Dari 35 penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah, dengan rincian enam gubernur, tujuh walikota dan 22 bupati, terdapat nama Walikota Semarang Hendrar Prihadi untuk kategori tata kelola pemerintahan, karena membawa Kota Semarang menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang terpilih bergabung di program 100 resilient city atau 100 kota tangguh yang diinisiasi oleh Rockefeller Foundation.

Sedangkan, Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo dan Bupati Boyolali Seno Samudro juga menerima penghargaan kepala daerah inovatif 2016.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo  mengapresiasi acara tahunan yang diselenggarakan oleh salah satu media nasional. Menurutnya, dengan adanya penghargaan kepala daerah inovatif ini dapat merangsang kepala daerah lain untuk berpacu melakukan inovasi-inovasi di daerahnya masing-masing.

“Penghargaan ini setidaknya merangsang daerah lain untuk bisa mencontoh para gubernur dan kepala daerah yang inovatif tadi. Sehingga kepala daerah mampu mengorganisasi dan menggerakan masyarakat di daerahnya dengan baik, hingga bisa percepatan pemerataan pembangunan untuk menuju peningkatan kesejahteraan rakyat,” ujarnya. (RS)

148
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>