Sebarkan berita ini:

 

SEMARANG[SemarangPedia] – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menawarkan peserta Latihan Dasar CPNS Kabupaten/Kota Tahun 2021 untuk magang bersamanya. Tawaran langka ini dibuka oleh Ganjar untuk 5-10 CPNS di Kabupaten/Kota.

Hal itu disampaikan Ganjar, saat memberikan materi jam pimpinan via zoom pada acara Latsar CPNS Kabupaten Kota tahun 2021, di rumah dinasnya, Kamis (25/2).

“Para CPNS baru selamat datang, anda akan bergaul dengan sistem yang tidak mudah. Maka dalam sebuah organisasi perlu kiranya punya satu cita-cita, punya visi dan setting agenda,” ujarnya usai membuka Latsar CPNS secara daring.

Ganjar sempat berinteraksi dengan para peserta Latsar melalui forum chat. Dia bertanya, apa saja persoalan yang menyebalkan berkaitan dengan pemerintahan.

“Birokrasi lambat, Korupsi, Lelet, Jam Karet, Gratifikasi, Pungli. Nah sekarang pertanyaan saya, kira-kira kalau kamu sudah jadi PNS, apa sih yang akan kamu lakukan setelah kamu menulis persoalanmu sendiri?,” tutur Ganjar.

Dia kemudian menceritakan bahwa dalam masa kepemimpinannya, tak sedikit pejabat eselon yang dipecat karena berkaitan dengan persoalan-persoalan tersebut. Ganjar berharap ketika kelak dikemudian hari dihadapkan dengan persoalan tersebut, maka mereka akan mempertahankan spiritnya.

“Mumpung anda baru mulai masuk, tanamlah dan peganglah dengan konsisten (visinya). Siap jadi babunya rakyat? apakah anda siap diinjak-injak oleh rakyat? apakah anda semua siap untuk dikritik oleh rakyat? anda dicaci maki oleh rakyat?,” ujarnya.

Sejurus dengan rentetan pertanyaan itu, Ganjar lalu bertanya apakah para peserta Latsar CPNS di Kabupaten Kota tersebut mau jika ditawari untuk magang pada Ganjar.

“Saya sebenarnya pengin mendapatkan juga. Kira-kira kalau saya tanya gini, siapa di antara anda yang nanti kalau ada kesempatan magang, pengin magang sama pak gubernur?,” tanya Ganjar yang kemudian mendapatkan respon positif dalam forum chat.

Bukan tanpa alasan, lanjutny, tawaran ini diberikan karena ingin memiliki Kader PNS di Kabupaten/Kota dengan integritas tinggi, progresif namun tetap menjunjung ideologi bangsa.

“Saya ingin mengkader betul-betul, ada PNS masa depan, PNS milenial, dengan gaya pikiran yang progresif tapi tetap santun, tetap menjaga nilai-nilai kebangsaan, nilai pancasila, pluralisme, menjaga integritas, waduh itu akan sangat luarbiasa,” tuturnya.

Membaca isi forum chat, dia lantas meminta pada Kepala BPSDMD Jateng Arief Irwanto agar memilih 5-10 peserta Latsar CPNS di Kabupaten/Kota untuk bisa magang dengannya.

“Boleh dong temen-temen ya, dari BPSDMD pak Arif, saya kepengin nanti di antara beberapa ini boleh magang ke saya. Saya akan berikan seterbuka mungkin dari beberapa orang, mungkin boleh 5 atau 10 orang, silahkan magang ke saya,” ujarnya.

Seperti diketahui, Latsar CPNS tahun 2021 diselenggarakan secara daring. Latsar 2021 ini diikuti sebanyak 2.000 peserta CPNS Kabupaten Kota dan 24 BKD/BKPPD Kabupaten dan Kota dan Instansi dari CPNS-nya.

Sehari sebelumnya, Gubernur Ganjar Pranowo juga membuka Latsar CPNS Pemprov Jateng 2021. Latsar CPNS Pemprov diikuti sebanyak 1.348 CPNS dan 48 OPD Provinsi Jateng. (RS)

33
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>