Sebarkan berita ini:

2-bank-jateng2SEMARANG[SemarangPedia] – Peluncuran Gerakan Suku Bunga Rendah (Subure) oleh Bank Jateng diharapkan mampu mendorong ekonomi kerakyatan dan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Gubernur Jawa Tengah  Ganjar Pranowo  mengatakan Subure Bank Jateng itu, diluncurkan setelah melihat kondisi ekonomi nasional yang kurang mendukung beberapa waktu lalu.

Menurutnya, keterpurukan ekonomi yang menular ke berbagai daerah juga berimbas pada para pengusaha, khususnya pelaku UMKM, sehingga pemerintah turun tangan dengan mengeluarkan berbagai kebijakan, termasuk penurunan suku bunga perbankkan.

“Program suku bunga rendah diberikan untuk pelaku usaha kecil, mengingat saat kondisi perekonomian memburuk tidak ada yang berpihak kepada mereka. Hanya rentenir yang senantiasa mamfaatkan kesempatan dengan memberikan kucuran utang setiap saat dengan bunga mencekik. Sebab, ketika UMKM akan utang ke bank harus menyertakan agunan,” ujarnya, di Semarang.

Peluncuran suku bunga rendah Bank Jateng itu, lanjutnya, juga sebagai upaya mendorong ekonomi kerakyatan menggeliat berkembang.

“Jika para UMKM kesulitan dan ingin mengajukan pinajaman bank suku bunganya tinggi, kemudian mereka berharap kepada siapa?. Kondisi seperti itu pemerintah hadir dengan menurunkan suku bunga untuk usaha produktif,”  tuturnya.

Bank Jateng menurunkan suku bunga kredit usaha produktif dari minimal 11, 50% menjadi 9,95% untuk segmen UMKM dengan maksimal kredit di bawah Rp5 miliar.

Melalui program itu, lanjut Ganjar, Bank Jateng akan memperhatikan dan siap melayani pelaku usaha kecil agar lebih produktif dan ekonomi meningkat.

Sedangkan, dia menambahkan untuk kredit bunga yang diberikan pengusaha-pengusaha besar, tidak ada perubahan supaya target pendapatan Bank Jateng tetap tercapai. (RS)

87
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>