Sebarkan berita ini:

KA TergulingSEMARANG[SemarangPedia] – PT KAI Daop IV akhirnya berhasil melakukan proses evakuasi rangkaian gerbong kereta api (KA) yang anjlok di sebelah barat Stasiun Batang dengan dipindahkan dari rel sisi selatan, meski jalur rel itu belum bisa digunakan, sehingga kereta api dilewatkan pada sisi utara.

Manager Humas PT KAI Daop IV Gatut Sutiyatmoko mengatakan rangkaian gerbong yang bisa diselamatkan langsung meneruskan perjalanan dengan muatan barang semula, sedangkan gerbong yang terguling bererta muatan diamankan ke Depo Kereta di Tegal.

Proses evakuasi gerbong, lanjutnya, sempat tertunda akibat kendala hujan lebat di sekitar lokasi. Namun, kemudian pekerjaan bisa diteruskan dengan memindahkan rangkaian kereta api yang terguling dan kini sudah bsa dikerjakan dengan baik.

Menurutnya, pekerjaan evakuasi semula sudah dapat diselesaikan, Selasa pukul 10.00 WIB, namun, akibat kondisi jalur rusak parah dan banyak bantalan yang juga rusak serta pecah, sehingga tertunda sementara dan belum bisa dilewati.

“Perjalanan kereta api masih memanfaatkan satu jalur, hingga mengakibatkan terjadinya antrean dan jadwal ‎kereta terlambat sekitar satu jam dari jadwal normal,” ujar, Selasa. (26/4).

Dia mengatakan gerbong saat ini sudah bisa dipindahkan dan pekerjaan dilanjutkan pada penataan balas serta pengantian rel d‎an bantalan.

Seperti diketahui lokomotif CC 2502 yang menarik 19 rangkaian gerbong ‎datar dan 1 gerbong aling-aling mengalami anjlok di 500 meter setelah melintasi Stasiun Batang terutama pada di rangkaian paling belakang terguling.

Dalam kecelakaan KA itu, dilaporkan tidak ada korban jiwa, meski kerusakan parah menimpa jalur kereta lintas pantura yang memaksa PT KAI memanfaatkan satu jalur dari dua jalur ganda yang ada.

Kecelakaan KA itu, dia menambahkan juga mengakibatkan ratusan balas rusak dan pecah serta rel menjadi melengkung, bahkan njepat sehingga harus dilakukan pergantian.

80
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>