Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Pernahkah anda mendengar kata Pentol Goli. Mungkin sebagian masyarakat Semarang belum mengenal sebutan tersebut atau bahkan mungkin sudah ada yang tahu.

Ya, Pentol Goli ini merupakan cemilan ringan tradisional yang berasal dari Jawa Timur. Kudapan ringan yang satu ini, khususnya di Surabaya, jadi favorit.

Pentol sendiri merupakan istilah bahasa Jawa yang jika dikaitkan dengan kuliner merupakan olahan makanan yang terbuat dari daging, dicampur dengan tepung tapioka, dibentuk bulat, kemudian direbus.

Penyajiannya seperti bakso tanpa kuah. Pentol umum dihidangkan dengan saus manis, pedas, atau kacang. Cara menyantap pentol menggunakan stik bambu sebagai alat tusuk, kemudian dicelupkan ke saus yang diinginkan.

Sementara Goli sendiri kepanjangan dari Goyang Lidah sebutan warga Jawa Timur yang mengambarkan makan yang disantap berasa lezat.

Makanan khas Jawa Timur ini memang tekstur kenyal dan gurih, sehingga sejumlah penggiat kuliner menggeluti bisnis ini, salah satunya Goli Snack.

Brand kuliner milik Elsa ini memodifikasi Pentol Goli menjadi berukuran agak besar, sehingga berbeda dari penjaja lainnya.

Menurut Melan salah satu penjaga stand, cikal bakal penyajian Pentol Goli itu karena sang owner melihat potensi makan tradisional yang bisa berubah menjadi kekinian.

“Goli itu jajanan kaki lima di Surabaya banyak yang jualan dipinggiran jalan, tetapi bentuknya kecil – kecil, owner terinspirasi dari itu membuat goli ukuran agak besar yang berbeda dari yang lain,” ujarnya.

Sate Pentol Goli adalah kudapan yang spesial di standnya, karena lima butir Pentol Goli ukuran agak besar dijadikan dalam satu tusukan.

Tak ayal porsi yang terbilang besar untuk ukuran Pentol Goli ini serasa mengenyangkan ketika disantap, terlebih dihidangkan dengan saus pedes dan toping mayonise serta keju mozarela, menjadi tambah nikmat.

Khusus acara Hype Market 2018 Pasaraya SrirRatu Pemuda Semarang, pertusuknya dibandrol Rp12.000, sedangkan dua tusuk seharga Rp20.000 dari harga normal.

Varian lain dari Goli Snack tersedia yakni Jagung Tusuk Moza yang dijual Rp10.000 dan Pentol Judes seharga Rp. 20.000.

Pengunjung juga bisa menjumpai standnya yang ada di Foodcourt DP Mall Semarang lantai dua yang buka dari pukul 10.30 WIB sampai 21.00 WIB. (RS)

98
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>