Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Kegiatan pesta olahraga Tour de Borobudur (TDB) 2018 yang akan digelar pada 3-5 November mendatang dipastikan bakal meriah yang diikuti ribuan peserta dari berbagai kota dan mancanegara dengan berbagai hadiah serta grandprize  menarik telah disiapkan panitia.

Ketua Pelaksana Tour De Borobudur XVIII, Indra Darmanto mengatakan, Gowes TDB 2018 mengusung tema ” Banyak Jalan Menuju Borobudur”. Tema itu dipilih sekaligus untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa untuk menikmati kemegahan candi peninggalan Dinasti Sailendra itu, wisatawan dapat menempuh berbagai jalur transportasi, baik jalur darat, udara, maupun laut.

“Masyarakat sekarang tidak perlu lagi bingung ketika akan ke Borobudur. Kini dari daerah atau negara manapun bisa sampai, baik lewat Semarang Jawa Tengah ada Bandara Jenderal Ahmad Yani yang keren, melalui Pelabuhan Tanjung Emas juga bisa, bahkan jalur darat lewat tol pun sudah tersambung,” ujarnya saat audiensi dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo SH MIP, di rumah dinas Puri Gedeh, Rabu (12/9).

Menurutnya, kKegiatan gowes dijadwalkan diselenggarakan pada 3-4 November 2018, dengan menempuh jarak sekitar 240 kilometer, yang dimulai dari Kawasan Kota Lama, Jalan Pemuda Semarang menuju Candi Borobudur Magelang.

Para peserta, lanjutnya, akan dimanjakan dengan rute-rute tanjakan dan turunan yang penuh dengan panorama keindahan alam pegunungan dan pedesaan nan asri.

Sama seperti TDB tahun sebelumnya, ada tiga kategori yang digelar terdiri 200 kilometer, 100 kilometer, dan kategori VVIP. Khusus peserta 200 K, akan diadakan lomba King of Mountain (KOM) dan Queen of Mountain (QOM).

Lomba KOM dan QOM akan dilaksanakan sebanyak dua kali di lokasi berbeda meliputi pada hari pertama di Desa Gonoharjo, Limbangan, Kendal, kemudian hari kedua di kawasan Sekar Langit Telogorejo, Grabag, Magelang.

“Sedangkan bagi seluruh peserta TDB, selain disediakan hadiah lomba KOM dan QOM juga berkesempatan mendapatkan grandprize berupa sepeda motor dan beragam hadiah menarik lainnya. Total grandprize 10 unit sepeda motor yang akan diundi,” tuturnya.

Selain berolahraga dan berwisata menikmati panorama alam Jateng, TDB yang didukung oleh Klub Semarang Bicycle Association (Samba) dan Bank Tabungan Negara (BTN), juga dirangkai dengan kegiatan corporate social responsibility (CSR) di sektor pariwisata dan pendidikan di wilayah Semarang-Magelang. Kegiatan sosial tersebut dilakukan di sela-sela bersepeda di sepanjang rute TDB.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan kegiatan yang mengusung sport tourism itu sebagai salah satu kegiatan yang mendukung program Pemprov Jateng dalam menyinergikan olahraga dan pariwisata.

Selain itu, juga ada kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat melalui program CSR. “Saya sangat mendukung kegiatan olahraga bersepeda ini. Apalagi tema yang diangkat tahun ini sangat menarik, dan sekaligus menjadi promosi kepada masyarakat luas bahwa jalur transportasi di Jateng, termasuk menuju Borobudur sudah sangat mendukung,” ujar Ganjar.

Selain itu, rute yang ditempuh berupa alam pegunungan juga menantang para pesepeda maupun atlet. Sepanjang Semarang hingga Magelang, para peserta akan disuguhi keelokan alam, flora, dan fauna khas Jawa, serta melihat pembangunan jalan tol di Gringsing yang telah terhubung hingga Pemalang-Brebes.

Gowes skala internasional kali ini, bakal semakin ramai, mengingat sejumlah atlet sepeda nasional dan juga pesepeda mancanegara akan ikut serta. Pada pesta olahraga tahun ini kategori bertambah untuk kelas profesional dengan jarak tempuh, 275 Km mulai dari Semarang hingga Borobudur.

Melalui kegiatan Tour de Borobudur 2016 diharapkan dapat mendukung program Pemprov Jateng dalam mengembangkan pariwisata lewat olahraga hingga ke depan mampu menyedot para wisatawan berkunjung di berbagai daerah wisata yang dilintasi gowes itu. (RS)

 

 

11
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>