Sebarkan berita ini:
Natsir Bupati Demak

DEMAK[SemarangPedia] –  Guru harus selalu meningkatkan kualitas kompetensi dan profesionalismenya agar dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik mampu menyelesaikan berbagai persoalan kependidikan di lingkungan tempat tugasnya.

Bupati Demak HM Natsir mengatakan agar kemampuan guru terus meningkat maka para guru tidak boleh berhenti dalam berinovasi. Inovasi bisa tumbuh kalau guru mampu mengembangkan kreativitas yang melekat pada dirinya.

“Meski jiwa kreasi melekat pada diri seseorang, termasuk yang menggeluti sebagai profesi guru, namun kalau kemampuan berkreasi tidak dikembangkan maka akan sia-sia,” ujarnya saat membuka Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Bagi Guru SD dan SMP di lingkungan Pemkab Demak di aula SMA Negeri 2 Demak, Selasa (31/7).

Menurutnya, PKB adalah pengembangan kompetensi guru yang direalisasikan sesuai dengan kebutuhan yang ada dan pelaksanaannya bertahap dan berkelanjutan. Jika guru yang mendidik siswa terjamin kompetensi dan profesionalismenya maka secara langsung akan berpengaruh kepada anak-anak didiknya.

Dengan demikian, lanjutnya, di bawah sentuhan tangan dingin guru yang terjamin kompetensi dan profesionalisme maka akan lahir generasi yang terjamin kualitasnya, ini modal sosial yang sangat tinggi nilainya terkait dengan masa depan sebuah bangsa.

Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Demak Kholidin menuturkan tugas guru adalah mengajar, mendidik, membimbing ,  mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik di lembaga pendidikan formal dengan tugas tambahan yang relevan dengan profesinya.

“Selain itu, tugas guru adalah membentuk moral peserta didik dengan cara member contoh kongkrit yang baik di hadapan peserta didik. Karena itu, keteladanan menjadi sesuatu yang sangat penting dalam dunia pendidikan,” tutur Kholidin.

Kegiatan PKB ini, dia menambahkan dijadwalkan berlangsung selama tiga hari (31/7 – 2/8), melalui kegiatan ini diharapkan kompetensi dan profesionalisme guru-guru di wilayah Kabupaten Demak dapat terus meningkat, sehingga mampu menjawab tuntutan kemajuan yang terus bergulir.

Menurutnya, agar para guru termotivasi untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya dapat ditempuh melalui dua cara mencakup mengintensifkan Penelitian Kelas (PK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PKS). (FA/RS)

20
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>