Sebarkan berita ini:

23-Palu-Sidang1SEMARANG[SemarangPedia] – Majelis hakim mengabulkan gugatan pra peradilan atas dugaan kasus bongkar muat barang di PT Pelindo III Cabang Pelabuhan Tanjung Emas di Pengadilan Negeri Semarang, Selasa (28/6).

Sidang yang dipimpin Hakim Tunggal Sigit Haryanto mengabulkan gugatan pemohon tersangka GM Pelindo III Tri Suhardi melawan termohon Kepolisian Daerah Jateng.

Majelis berpendapat penetapan tersangka dan surat pemanggilan pemohon dinyatakan tidak sah dan subjek hukum yang dimaksud tidak tepat “error in persona”. “Dengan begitu, majelis mempertimbangan penyidikan dalam menetapkan orang sebagai tersangka dalam perkara itu tidak tepat,” ujarnya.

Namun demikian, hakim menilai prosedur penyelidikan hingga penyidikan perkara tersebut telah memenuhi syarat. Jika mengacu pada Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga PT Pelindo III disebutkan direksi perusahaan tertanggungjawab atas urusan segala rumah tangga, baik di dalam maupun di luar pengadilan.

Menanggapi putusan itu, Tim penyidik Polda Jateng menghormati dan menghargai keputusan majelis hakim yang dijatuhkan sudah sesuai. Bahkan pihaknya akan menggali lagi penyelidikan dalam dugaan kasus itu.

“Dalam putusan ini ada plus dan minusnya. Bila ada yang mendukung itu wajar dan ada yang kurang mendukung,” tuturnya.

Dia mengaku sebatas menguji prosedural hukum dalam penetapan kasus tersebut. Terkait dengan penyelidikan pihak Polda yang akan menggali lebih dalam lagi.

Sementara, Kuasa Hukum Tri Suhardi, Yosef Parrera mengatakan putusan hakim tersebut sudah adil. “Hakim mempertimbangkan berbagai hal, seperti dasar hukum, prosedur penyidikan yang sudah benar, hingga keputusan yang menyatakan penatapan tersangkanya salah orang,” ujarnya. (RS)

80
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>