Sebarkan berita ini:

2-Aksi DemoSEMARANG[SemarangPedia]-  Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati pada pada 2 Mei di Kota Semarang, diwarnai aksi demo oleh puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi BEM Semarang Raya.

Mereka melakukan berbagai orasi di depan pintu gerbang DPRD Jawa Tengah, di Jalan Pahlawan Semarang sejak siang hari Pkl 10.00 WIB. Selain mereka juga bembawa berbagai spanduk dan membentangkan sepanduk yang berisikan protes kepada pemerintah terkait kriminalisasi pendidikan di Indonesia.

Menurut koordinator aksi unjukrasa M Hanafi Akmal, pendidikan tinggi di Indonesia saat ini banyak menemui  permasalahan sehingga mahasiswa yang dirugikan. Sejumlah permasalahan itu di antaranya, isu turunnya anggaran bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) APBN 2016.

Selain itu, lanjutnya, isu komersialisasi dan liberalisasi pendidikan atas nama Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH), memicu keresehan mahasiswa.

“Berbagai macam permasalahan pendidikan tinggi telah menimbulkan keresahan dikalangan mahasiswa, sehingga sudah seharusnya diselesaikan dengan segera oleh steakholder terkait dalam hal ini Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi selaku pihak eksekutif yang paling bertanggungjawab,” ujarnya saat melakukan orasi, di depan pintu gerbang DPRD Jateng, Senin. (2/5)

Kondisi itu, mendorong Aliansi BEM Semarang Raya menuntut agar Kemenristek serius mengurus pendidikan tinggi dan membuat kebijakan yang pro kepada mahasiswa. Bahkan mereka juga menolak kenaikan uang kuliah yunggal (UKT) dengan mempertimbangkan perekonomian didalam negeri yang masih lesu.

“Terkait UKT, perlu juga transparansi UKT dan sistem keringanan yang diatur oleh kemenristek dalam perundang-undangan guna menjamin kepastian hukum bagi mahasiswa,” tuturnya.

Dalam aksi unjuk rasa itu, puluhan petugas kepolisian berjaga. meski aksi masih pada batas berada di luar pagar gedung berlian, pelaksanaan berjalan tertib dan tidak mengganggu arus lalulintas kendaraan di Jalan Pahlawan Semarang. (rs)

 

119
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>