Sebarkan berita ini:

4-Pedagang BawangSEMARANG[SemarangPedia] – Harga bawang merah dan bawang putih di berbagai pasar tradisional di Kota Semarang mengalami penurunan 2%, menyusul terjadinya panen raya di sejumlah daerah sentra produksi.

Sementara di Luar Jawa harga bawang merah justru meroket hingga menembus posisi pada harga Rp50.000 per kilogram (kg).

Dari Pantauan SemarangPedia.com sejak tiga hari terakhir ini di Pasar Tradisional seperti Pasar Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Pasar Karangayu, Pasar Langgar dan Pasar Gayamsari harga bawang merah terus menurun.

Hharga bawang merah yang sebelumnya Rp32.00 per kg sempat naik menjadi  Rp35.000 per kg dan merosot lagi jauh dibawah harga semula menjadi Rp28.000 per kg.

Sedangkan harga bawang putih juga merosot menjadi Rp25.000 per kg dari sebelumnya Rp30.000 per kg.

Sumiarti seorang pedagang bawang di pasar relokasi MAJT Semarang menuturkan turunnya harga bawang merah dan bawang putih, akibat sejumlah daerah sentra produksi sebagai pemasok seperti Brebes, Kendal, Kediri dan beberapa daerah lain di Jawa Timur sedang panen raya, sehingga stok komoditas itu berlimpah.

4-Peenjual bawang“Harga bawang merah saat ini hanya laku dijual Rp28.000 dari sebelumnya mencapai Rp32.000 per kg. Sedangkan harga bawang putih jga ikut terseret turun menjadi Rp25.000 per kg dari semula Rp 30.000 per kg,” ujarnya, Kamis. (4/8)

Menurutnya, penurunan harga kedua komoditas itu disebabkan stok pedagang melimpah yang dipasok dari hasil panen petani di daerah produksi yang tengah panen raya.

Di sisi lain, penurunan harga bawang turun itu, belum mampu meningkatkan penjualan, bahkan sejak dua pekan pasca lebaran lalu pembelian konsumen terseret ikut menurun. (HN/RS)

655
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>