Sebarkan berita ini:

BURUH PEMBERSIH BAWANG

SEMARANG[SemarangPedia] –  Harga bawang merah di tingkat petani kembali merosot tajam, menyusul panen raya komoditas itu mulai terjadi di sejumlah sentra produksi di Jateng hingga produksi semakin melimpah.

Sejumlah sentra produksi bawang merah di Jateng mencakup Kabupaten Brebes, Temanggung, Karanganyar dan Tegal kini petani mulai panen raya hingga hasil produksi melimpah, di tengah permintaan pedagang menurun.

Ketua Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI), Juwari menuturkan pekan ini petani di berbagai sentra produksi mulai mengawali panen raya dengan produksi yang melimpah hingga stok berlebihan,

Menurutnya, sejumlah wilayah sentra bawang merah di Kabupaten Brebes kini petani mulai panen raya, meliputi Kecamatan Wanasari dan Kecamatan Larangan, bakan hampir keseluruhan lahan tidak ada yang mengalami kegagalan panen.

Kondisi itu, lanjutnya, menjadi stok bawang merah di berbagai sentra produksi melimpah, hingga mengakibatkan harga mulai merosot, di tengah permintaan pedagang masih stanag.

“Harga bawang merah di tingkat petani yang semula Rp 30.000 per  kg, kini mulai merosot menjadi RpRp 23.000 per kg,” ujarnya.

Menurutnya, penurunan harga bawang merah itu diperkirakan akan berlanjut, mengingat produktivitas komodtas itu pada panen raya tahun ini juga menurun dibanding panen sebelumnya.

Dalam kondisi normal, dia menbambahkan produktivitas tanaman bawang merah untuk satu hektare bisa menghasilkan sebanyak 10 ton. Namun, panan  kali ini hanya sekitar tujuh  ton per  hektare.

“Produktivitas bawang merah hasil tanam petani musim tahun ini turun sekitar 30%,” tuturnya.

Cuaca musim taam tahu ini kurang mndukung, hujan yang terus menerus mengakibatkan tanaman mudah terserang penyakit, seperti busuk umbi dan bercak daun.

Menurutnya, harga bawang merah sebelumnya di berbagai pasar cukup tingga mencapai Rp30.000 per kg, yang disebaban petani belum melakukan panenan raya, sehingga pasokan dari petani menipis,

141
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>