Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Bertepatan pada Hari Pendidikan yang jatuh pada 2 Mei ini, puluhan mahasiswa dari beberapa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Kota Semarang, menggelar aksi unjukrasa di depan Gedung DPRD Jateng, Jalan Pahlawan, Kota Semarang, Selasa (2/5).

Selain berorasi, sejumlah mahasiswa tersebut membawa spanduk yang bertuliskan “Revolusi Pendidikan”, “Biaya Pendidikan Mahal”.

Menurut koordinator aksi unjukrasa Akbar Ridwan, saat ini biaya pendidikan untuk mahasiswa masih tinggi. Kondisi ini bertentangan dengan amanat undang-undang dasar 1945 pasal 31.

“Sesuai dengan Pasal 31 UUD 1945 tentang pendidikan dan kebudayaan, setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Seharusnya, pemerintah harus mengusahakan dan menyelenggarakan sistem pendidikan nasional dan mempioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20%,” ujarnya.

Selain itu, mahasiswa juga menuntut jaminan pendidikan nasional dengan mencabut UU Sisdiknas No 20/2003, UU PT No 12/2012, PP 26/2015 tentang Perguruan Tinggi Berbadan Hukum dan mendesak pemerintah untuk mengkaji ulang kurikulum pendidikan dasar-tinggi.

Setelah melakukan orasi beberapa saat, akhirnya para mahasiswa diterima Anggota Komisi A DPRD Jawa Tengah Bambang Joyo.  Dalam kesempatan itu, Bambang joyo menerima dan menampung aspirasi tuntutan para mahasiswa untuk disampaikan ke dewan lainnya.

“Saya perwakilan Komisi A akan mencoba mengomunikasikan kepada teman-teman Dewan soal UU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) itu. Pembahasan di DPRD perlu melalui proses. Kalau ada dalam UU Sisdiknas yang bertentangan dengan UU yang lain atau dengan keadilan bisa dilakukan revisi,” tuturnya.

Dia menuturkan selaku anggota DPRD Jateng yang membidangi tentang hukum dari Komisi A tentunya akan mengkaji UU SisdiknasS mana yang bertentangan dengan mahasiswa. Apakah kurikulumnya, biaya perkuliyahannya termasuk biaya KKN itu semua akan kita kaji. (RS)

105
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>