Sebarkan berita ini:

26-Bencana Longsor1SEMARANG[SemarangPedia] – Pemprov akan merelokasikan warga desa yang terkena bencana longsor di Bajarnegara untuk menghindari longsor susulan dan memebrikan kemanan kepada mereka.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta warga Dusun Sidakarya dan Dusun Kaliwadas Desa Mlaya Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara yang terkena bencana longsor pada 28 September lalu bersedia untuk direlokasi.

“Daerah-daerah yang cukup bahaya di desa itu, warga sebaiknya bisa dipindahkan semuanya. Kita cari tempat yang lebih rata, lebih aman dan pemerintah akan membantu,” ujarnya saat meninjau lokasi bencana tanah longsor yang menimpa dua dusun tersebut. Rabu. (12/10)

Menurutnya, pemprov akan berkoordinasi dengan Pemkab Banjarnegara untuk mencari tempat relokasi yang lebih aman dan yakin warga akan bersedia direlokasi ke tempat  yang lebih rata dan jauh dari ancaman longsor.

“Banjarnegara sudah memiliki pengalaman relokasi yang sangat baik pada peristiwa longsor Sijeruk dan Jemblung beberapa tahun lalu. Dimana semua warganya mau direlokasi ke daerah yang lebih rata dan aman,” tuturnya.

Menurutnya, untuk mengantisipasi bencana longsor susulan ditengah curah hujan di Jawa Tengah sangat tinggi hingga Februari 2017, di Desa Mlaya akan dipasang Early Warning System (EWS).

“Sekarang dipasang EWS yang paling sederhana. Tadi saya minta dari BPBD pemkab dan BPBD Provinsi berkoordinasi. Kalau tidak kita juga minta ke BNPB agar bisa dipasang yang lebih baik,” tuturnya.

Seperti diketahui, bencana longsor di Dusun Sidakarya dan Kaliwadas Desa Mlaya Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara terjadi pada 28 September 2016 bersamaan dengan curah hujan cukup tinggi di daerah tersebut hingga mengakibatkan longsor tersebut dan telah memporakporandakan 96 rumah warga serta 421 warga terpaksa mengungsi. (RS)

 

219
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>