Sebarkan berita ini:

12-IGN Cepiring 1KENDAL[SemarangPedia] –  Manajemen PT Industri Gula Nusantara (IGN) Cepiring akhirnya mencabut status Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawanya dengan mengganti dirumahkan, serta memenuhi pembayaran 50% gaji selama empat bulan yang sebelumnya tidak bayarkan.

Manager Umum PT IGN Cepiring, Okly Tasman Silitonga mengatakan  jajaran direksi IGN telah menyetujui untuk membayarkan gaji kepada karyawan, yang selama ini dikeluhkan mereka dan diharapkan Juni atau Juli, pabrik gula Cepiring yang dikelola IGN bisa kembali berproduksi dari sebelumnya terhenti cukup lama.

Saat ini, lanjutnya, jajaran direksi tengah berupaya segera membenahi pabrik gula yang berlokasi di Cepiring Kabupaten Kendal itu, yang diharapkan Juli mendatang sudah bisa berproduksi lagi.

Menurutnya, gaji pokok sebanyak 361 lebih karyawan pabrik gula Cepiring nilainya mencapai Rp 2,225 miliar dan mulai dibayarkan kepeda mereka, meski hanya 50%.

“Gaji yang dibayarkan hanya gaji pokok dengan acuan UMK Desember 2015 dan besarnya 50%. Sedangkan status PHK dicabut diganti dirumahkan,” ujarnya di dampingi kuasa hukum PT IGN.

Selain hak karyawan berupa gaji selama empat bulan ( Januari – April 2015) dibayarkan oleh manajemen perusahaan hanya sebesar 50%, sisanya menyusul akan dibayarkan emuian hari, meski menggunakan acuan UMK Kendal 2015 sebesar Rp1.383.000, sehingga masing-masing karyawan menerima kurang dari Rp 3 juta.

Menurut Perwakilan karyawan Imam Suwandi, gaji karyawan yang menunggak selama empat bulan telah dibayarkan, tetapi masih mengacu pada gaji Desember 2015, sehingga terdapat selisih sebagai kekurangan yang menjadi tanggung jawab perusahaan.

“Karyawan mengharapkan selisih kekurangan gaji selama empat bulan itu bisa dibayarkan perusahaan pada Juni 2016 bersamaan dengan gaji bulan Mei yang menggunakan UMK Kendal 2016,” tuturnya.

Sunarto karyawan lainnya. Mengatakan semua karyawan kini merasa lega karena perusahaan telah membayarkan gaji yang menjadi haknya selama empat bulan, meski nilainya hanya 50% dari gaji setiap bulan, tetapi gaji yang diterima cukup membuat lega mereka.

217
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>