Sebarkan berita ini:

InflasiSEMARANG [SemarangPedia] – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi di Jawa Tengah pada Maret 2016 naik menjadi sebesar 0,39% dibandingkan bulan sebelumnya, akibat dipengaruhi kenaikan kelompok bahan makanan.

Kepala BPS JatengMargo Yuwono mengatakan perkembangan harga berbagai komoditas pada Maret secara umum mengalami kenaikan, sehingga inflasi lebih tinggi ketimbang bulan sebelumnya.

Berdasarkan hasil pemantauan BPS Provinsi Jateng, pada Maret 2016 terjadi inflasi sebesar 0,39% dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 122,60 lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang mengalami deflasi sebesar 0,24% dengan IHK mencapai 122,12.

Inflasi yang didorong akibat kenaikan harga ditunjukkan dengan terjadinya kenaikan indeks pada kelompok bahan makanan sebesar 1,50%; kelompok sandang sebesar 0,33%; kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,29%; kelompok kesehatan sebesar 0,20%; kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,04% dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,03%.

“Inflasi lebih dipengaruhi kenaikan bahan makanan seperti bawang merah, cabai merah, cabai rawit, minyak goreng dan bawang putih,” ujarnya dalam konferensi pers, Jumat. (1/4)

Menurutnya, dari enam ibukota provinsi di Pulau Jawa, semua kota mengalami inflasi dan tertinggi terjadi di Semarang sebesar 0,39% diikuti Serang sebesar 0,29%; Bandung sebesar 0,20%; DKI sebesar 0,15%; Surabaya sebesar 0,06% dan inflasi terendah terjadi di Yogyakarta sebesar 0,02%.

Sedangkan komoditas yang memberikan sumbangan terbesar terjadinya deflasi adalah daging ayam ras, telur ayam ras, beras, bensin dan tarif listrik.  Menurutnya, deflasi yang ditunjukkan dengan penurunan indeks disebabkan adanya penurunan harga terjadi pada kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,15%.

33
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>