Sebarkan berita ini:
Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG [SemarangPedia] – Beberapa kebiasaan seperti membaca sambil tiduran di ruangan yang agak gelap, membaca atau melihat tulisan di gadget terlalu dekat (kurang dari 30 cm). Tahukah beberapa kebiasaan tersebut bias memicu problem pada mata.

“Mata mudah lelah, kemeng. Bila beberapa kebiasaan terus-terusan dilakukan akan sebabkan gangguan yang lebih serius yakni penglihatan kabur pusing, sakit kepala bahkan sakit kepala atau pusing,” Jelas dr Salmah Alaydrus dari RSI Sultan Agung dalam keterangan tertulisnya kepada semarangpedia.com.

Oleh sebab itu, kepada para ratusan santriwati, dr Salmah menyarankan

untuk memperbaiki pola membaca ketika sedang belajar. “Sebaiknya jarak mata dengan bacaan normalnya 50 cm dengan disertai pencahayaan yang terang. Jika menggunakan komputer, maka sebaiknya menggunakan filter anti radiasi,” ujarnya.

Disamping memperbaiki pola membaca, pihaknya juga diminta untuk menjaga asupan makanan yang mengandung nutrisi bermanfaat pada mata. Apa saja ? “Vitamin A untuk mata bisa didapatkan dari sayuran bayam, aneka jenis buah-buahan berwarna kuning, orange,merah, sayur berdaun hijau tua, vitamin E dari jenis kacang-kacangan serta antioksidan.

Jika diperlukan, bisa menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata kita yang kelelahan atau mengalami iritasi. Yang terpenting, menurut dr Salmah Alaydrus gunakanlah sesuai petunjuk pemakaian agar aman bagi mata dan bila perlu konsultasi kepada dokter bila ada keluhan pada penglihatan.

67
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>