Sebarkan berita ini:

26-Gubernur PamerranMAGELANG[SemarangPedia] –  Kalangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jawa Tengah diharapkan dapat terus gencar melakukan berbagai inovasi dan memacu produknya hingga pasar bisa diperluas baik pasar lokal maupun eskpor.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan langkah itu dilakukan, sebagai upaya untuk menghadapi persaingan di tengah era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah diberlakukan mulai tahun ini.

Menurutnya, UMKM di provinsi ini harus mampu memasarkan produknya hingga go international di tengah persaingan global yang semakin ketat.

Memasuki era MEA, dia menambahkan kalangan UMKM tidak hanya dituntut fokus pada kualitas produk, tetapi harus mampu mengembangkan pasar tifdak hanya domestik, tetapi juga pasar ekspor.

“Persaingan Global termasuk MEA diharapkan UMKM bukan sekedar mampu memproduksi, tapi harus mampu memasarkannya,” ujarnya saat membuka Pameran UMKM & Pameran Dekranasda Jawa Tengah di Alun-alun Kota Magelang sebagai rangkaian Pesta Rakyat HUT ke 66 Pemprov Jateng 2016, dalam rilis Jumat (26/8) pagi.

Dia mengharapkan UMKM dengan koperasi akan  mampu membuka peluang dan akses pasar. Produk dari koerasi bukan hanya kualitas dan kuantitas, namun juga kemasan produk yang layak jual.

Koperasi paking, lanjutnya, tidak harus memiliki minimal 1.000 anggota agar mampu mengembangkan tuntutan pasar dan pemasarannya, sehingga mampu menembus pasar internasional.Namun, dibawah 100 anggota pun dapat dilakukan.

“Jika produk UMKM mampu menembus pasar internasional. Bayangkan jika pasar domestik harganya Rp10.000, kemudian di pasar ASEAN menjadi Rp200.000 dan EROPA bisa menembus Rp400.000 dengan bahan & konten lokal yang sama. Maka perluasan pasar harus terus didorong, sehingga produk unggulan Jawa Tengah bisa menembus pasar Internasional,” tuturnya.

Hadir dalam pembukaan pesta rakyat 2016 itu, Walikota Magelang dan jajaranPimpinan SKPD Jateng serta perwakilan Dekranasda Kab/Kota se Jawa Tengah. (RS)

67
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>