Sebarkan berita ini:

23-Posko Pengaduan THR1SEMARANG[SemarangPedia]- Pemprov Jawa Tengah segera membuka posko pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) serentak di 35 kabupaten/kota mulai 24 Juni hingga 10 Juli 2016, guna melayani pengaduan pekerja, jika ada pengusaha yang tidak membayar THR sesuai ketentuan yang berlaku.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan  (Disnakertransduk) Jawa Tengah, Wika Bintang mengatakan posko pengaduan dibuka di setiap kantor disnakertranduk  kabupaten/kota selama 16 hari mulai 24 Juni hingga 10 Juli 2016.

Menurutnya, posko itu akan melayani dan menindaklanjuti laporan pekerja yang belum menerima THR dan dipastikan posko memberikan pelayanan optimal bagi para pekerja, pengusaha maupun masyarakat umum yang membutuhkan bantuan dan informasi soal THR.

Tidak hanya menjadi sarana, lanjutnya, bagi pekerja atau buruh untuk mengadukan permasalahan THR, Posko ini juga dapat menjadi rujukan perusahaan untuk berkonsultasi terkait pembayaran THR berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 6 Tahun 2016.

“Jika ada perusahaan yang tidak membayarkan THR, silahkan pekerja mengadu ke posko terdekat yang telah dibuka,” ujarnya di Semarang, Kamis (23/6).

Dia menjelaskan jauh sebelumnya, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke perusahaan-perusahaan untuk membayar THR sesuai Permenaker no 16 tahun 2016.

Posko ini, dia menambahkan merupakan bentuk kepedulian Disnakertransduk dalam membantu para pekerja maupun buruh yang memiliki masalah dengan pembayaran THR.

Petugas Posko akan membuat resume harian yang mendaftar seluruh pengaduan yang masuk. Jika ditemukan pelanggaran maka akan langsung dilakukan tindakan kepada perusahaan yang bersangkutan.

“Kalau diketahui terdapat perusahaan yang tidak membayar THR sesuai aturan yang berlaku akan dikenakan sanksi administratif  dan denda sebesar 5% sesuai dengan besarnya THR yang semestinya dibayarkan,” tuturnya. (RS)

 

164
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>