Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Pemprov Jateng mulai gencar mendorong para Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak di sektor kerajinan batik, untuk  dapat melakukan berbagai inovasi dan harus jeli membaca peluang pasar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng Sri Puryono mengatakan Jateng akan terus mendorong para perajin batik untuk terus meningkatkan kualitas produksinya, mengingat selama ini para perajin yang kebajiran order pesanan, masih kurang memperdulikan kualitas dan desainya.

“Peningkatan kualitas dan mutu harus ditingkatkan, jangan hanya bagus pada sampel sebagai contoh yang ditawarkan kepada konsumen saja,” ujarnya, Rabu (1/8).

Selain kualitas, lanjutnya, masih muncul keluhan aperajin mengenai kendala mahalnya harga bahan pembuatan batik, di antara malam bahan baku batik dan para perajin batik senaiknya dapat bergabung dalam koperasi untuk memudahkan pemerintah melakukan pendataan.

Dengan demikian, dia menambahkan ke depan akan memudahkan untuk melakukan pembinaan, memfasilitasi, hingga memberikan bantuan, termasuk bantuan peralatan serta mendorong perluasan pasar dengan mengikutsertakan perajin pada pameran-pameran baik tingkat nasional maupun internasional.

Menurutnya, batik Indonesia sudah mendapat pengakuan dari dunia melalui UNESCO pada 2 Oktober beberat tahun lalu hingga momentun ini ditetapkan menjadi Hari batik Nasional.

Pengakuan terhadap batik, juga didapatkan ketika mengunjungi beberapa pameran di tingkat internasional. Batik yang hasil produk Indonesia selalu mendapat apresiasi masyarakat dunia.

Sri Puryono meminta peran aktif masyarakat untuk semakin mencintai batik dengan membeli produk batik lokal hasil perajin dari sejumlah sentra produksi. Bahkan tidak hanya masyarakat, pemerintah pun terus berupaya agar perajin batik dapat berkembang. (RS)

31
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>