Sebarkan berita ini:

13-Ganjar1SEMARANG[SemarangPedia] – Pemprov Jateng mengapreasi rencana realisasi pembangunan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 KV TX mulai Ungaran-Pedan-Cibatu Baru senilai Rp10 triliiun,  yang diharapkan kebutuhan energi listrik dapat segera terpenuhi,.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta agar proses pembebasan lahan untuk pendirian proyek Sutet itu benar-benar disiapkan, sehingga tidak menimbulkan gejolak warga sekitar proyek.

Menurutnya, identifikasi lahan perlu dilakukan sebaik baiknya sehingga ke depan tidak akan menimbulkan persoalan yang berkepanmjangan.

“Identifikasi lahan sangat penting. Kalau sudah ada datanya bisa dilakukan dengan bertahap untuk memebrikan ganti rugi lahan milik warga yang terkena proyek itu. Bisa dilakukan bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN),” ujarnya, Senin. (13/6).

Sebelum pembangunan, lanjutnya, perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat jika proyek itu penting untuk kebutuhan bersama.

Sementara, General Manager PLN Distribusi Jatengh-DIY Dwi Kusnanto menuturkan saat ini kebutuhan listrik di Jawa Tengah dan DIY masih mencukupi. Bahkan, terjadi surplus 760 MW.

“Jika rata-rata per tahun terdapat 504.000 sambungan baru, dengan asumsi rata-rata satu pelanggan membutuhkan 1.000 watt per bulan, hingga dibutuhkan tambahan beban 40 MW per tahun. Jumlah itu masih terbilang kecil jika dibandingkan dengan surplus daya listrik saat ini,” tuturnya.

Menurutnya, dengan rencana tambahan pembangkit listrik di Cilacap dan Batang. Kebutuhan energy listri Jateng dan DIY lebih dari cukup.

Namun demikian, dia mengharapkan  dalam penyediaannya perlu disiapkan dari hulu hingga hilir termasuk, keberadaan SUTET untuk mendistribusikan energi listrik kepadfa pelanggan secara merata are adi Jawa-Bali. (RS)

 

104
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>