Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membolehkan umat Islam menggelar kegiatan tadarus pada malam bulan ramadhan, setelah sholat tarawih meski masih dalam suasana tanggap darurat Corona.

“Tadarus atau membaca Al Qur’an setelah sholat tarawih di masjid dan musholla pada bulan ramadlan tahun ini kami perbolehkan, setelah dapat arahan dari para kyai yang mengikuti rakor bersama hari ini,” ujar Ganjar, Selasa (7/4)

Menurutnya, rakor yang diikuti para ulama, pimpinan ormas Islam dan tokoh masyarakat Jateng membahas persiapan kegiatan umat Islam pada bulan ramadlan dan perayaan hari raya Idul Fitri 1441/2020 ditengah pandemi wabah Corona.

Menghadapi momentum itu, lanjutnya, pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama menerbitkan surat edaran nomor 6/2020 tanggal 6 April 2020 tentang panduan ibadah ramadlan dan idul Fitri 1 Syawal 1441 di tengah pandemi wabah Covid 19.

Dia menambahkan SE itu menjadi acuan atau bahan yang dibahas dalam rakor yang berlangsung di ruang rapat Gubernur Jateng. SE itu mengatur secara rigit, misalnya meniadakan acara yang melibatkan orang banyak termasuk buka puasa bersama dan sahur on the road.

Selain itu, tutur Ganjar, acara peringatan Nuzulul Qur’an dalam bentuk tabligh Akbar, tarwih keliling, takbir keliling ,pesantren kilat pelajar, tidak iktikaf di masjid mulai 10 hari terakhir bulan ramadlan, silaturahmi massal idul Fitri dan sebagainya.

“Semua instansi pemerintah diwajibkan mematuhi aturan itu, demikian juga lembaga swasta dan masyarakat kami harap juga mengikuti ketentuan ini demi kebaikan bersama,” tuturnya.

Kegiatan tadarus sebenarnya masuk dalam SE itu, namun atas permintaan umat Islam Jateng  dan ulama agar tadarus di masjid dan musholla pada malam ramadhan dikecualikan, maka khusus kegiatan ini dibolehkan dengan sayarat pelaksanaannya mengacu pada protokol kesehatan dan keamanan yang berlaku dalam suasana tanggap darurat Corona. (SMH/RS)

18
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>