Sebarkan berita ini:

20-kantor-gubernuranSEMARANG[SemarangPedia] –  Pemprov Jawa Tengah memperoleh penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kategori Pemerintah Daerah dengan Sistem Pengendalian Gratifikasi Terbaik.

Penghargaan itu, rencananya diserahkan Ketua KPK  Agus Rahardjo kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, pada Pembukaan Hari Anti Korupsi Internasional 2016, di Panggung Utama Integrity Expo, Kompleks Kediaman Gubernur Riau (Gedung Daerah), Pekanbaru, Riau, Jumat ini. (9/12)

Menurut Ganjar, penghargaan itu menjadi greget bersama untuk terus mencegah praktek korupsi, sesuai poin kelima pada Panca Prasetya Korpri, menegakkan kejujuran, keadilan dan disiplin serta meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme.

“Saya ingin betul-betul menjadi greget, dan yang seperti ini bukan berarti saya tidak mendapatkan tantangan. Saya digoyang kanan kiri. Saya hanya bisa bismillah. Semua akan saya hadapi untuk kebaikan bangsa negara,” ujarnya, di Semarang, Kamis (8/12).

Sementara,  Inspektur Provinsi Jawa Tengah Kunto Nugroho Hari melalui Kepala Biro Humas Setda Provinsi Jawa Tengah Sinoeng N Rachmadi mengatakan Jawa Tengah merupakan satu-satunya Pemerintah Provinsi yang meraih penghargaan terbaik dalam pengendalian gratifikasi.

Kesadaran aparatur sipil negara (ASN) Jateng, lanjutnya, untuk menolak gratifikasi terus meningkat. Terbukti, pada 2015, gratifikasi yang dilaporkan melalui Inspektorat Provinsi Jawa Tengah sebanyak 40 laporan, senilai Rp13.960.000. Sedangkan pada 2016, hingga November tercatat 65 laporan dengan nilai Rp 163.184.700 dan sebesar US 670 .

“Hal itu tidak lepas dari peran Gubernur yang selalu menekankan kepada jajarannya untuk mencegah korupsi dan menolak gratifikasi melalui semangat Mboten Korupsi Mboten Ngapusi,”  tutur Sinoeng.

Seperti diketahui, pada 2015 lalu, Pemprov Jawa Tengah juga memeroleh penghargaan dari KPK dalam pengendalian gratifikasi dengan jumlah laporan gratifikasi terbanyak. (RS)

98
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>