Sebarkan berita ini:

2-BerasSEMARANG[SemarangPedia]- Pemprov Jateng berupaya ikut menstabilisasi harga beras hingga pasokan produksi dari hulu sampai hilir diwujudkan dengan pengiriman total 3.000 ton pada tahap awal.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pada tahap awal pengiriman beras Jawa Tengah sebanyak 2.000 ton untuk Propinsi Kalimantan Tengah, merupakan bukti nyata adanya keberlanjutan produksi dari sisi hulu telah terwujud.

Menurutnya, pengiriman beras ke daerah lain itu merupakan bagian dari upaya ikut menstabilisasi baik harga maupun pasokan.

“Dengan pengiriman beras ini dari sisi hulu, ¬†Jateng menunjukkan telah berhasil swasembada beras.Sejauh ini pembelian juga tidak ada yang di bawah harga pokok penjualan (HPP). Kalau produksi dan harga tidak ada masalah, maka di hilir tidak ada lagi orang yang kesulitan membeli beras” ujarnya saat pelepasan pengiriman beras 2.000 ton dari Jateng ke Kalimantan Tengah melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jumat, (2/9).

Sejumlah pekerjaan rumah, lanjutnya, tetap akan melakukan upaya yang optimal di tahun mendatang serta memprediksi luas lahan persawahan petani dan volume produksi beras di Jawa Tengah.

2- kapal-beras“Dengan demikian, pengolahan, menyimpan, dan mengendalikan diserahkan kepada Bulog sesuai fungsi awal yaitu sebagai penyedia logistik. Daulat ini harus dikembalikan agar tidak terjadi kelaparan di berbagai daerah di Indonesia,” tuturnya.

Sebelumnya, Jateng berhasil melakukan pengiriman beras ke provinsi lain dan upaya itu tidak lepas dari penyerapan beras yang dilakukan Perum Bulog Divre Jawa Tengah. Tercatat hingga 15 Agustus lalu realisasi pengadaan gabah/beras mencapai 408.166 ton atau 80,84% dari yang ditargetkan 505.000 ton.

Sementara, perkiraan panen pada Agustus hingga Desember mendatang lahan seluas 475.933 hektare akan mampu memberikan pengadaan 2.000-2.500 ton beras per hari, sehingga penyerapan gabah/beras sampai akhir tahun ini diperkirakan mencapai sebanyak 538.761 ton atau 107% dari target. (RS)

 

 

142
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>