Sebarkan berita ini:

27-bpbdSEMARANG[SemarangPedia] – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah telah menyiapkan posko tanggap darurat, jalur evakuasi serta penampungan pengungsian di sejumlah kabupaten, sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya bencana longsor dan banjir.

Kepala BPBD Provinsi Jawa Tengah Sarwa Pramana mengatakan pihaknya sudah melakukan pemetaan titik-titik lokasi longsor dan banjir di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Menurutnya, di daerah rawan bencana tersebut telah didirikan posko-posko tanggap bencana, dan jalur evakuasi berikut titik penampungan pengungsian telah disiapkan.

“Selain itu, seluruh tanggul-tanggul kritis juga sudah kami identifikasi, berikut dengan sosialisasi melalui media sosial nomor informasi dan jugaTwitter ke masyarakat,” ujarnya, di Semarang.

Sementara, terkait kesiapan tindakan pertolongan atas kejadian bencana, Kepala Basarnas Jateng Agus Haryono mengatakan pihaknya selalu siap siaga menangani bencana.

Selain itu, dia menambahkan Basarnas juga terus meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan instansi lain, termasuk para relawan.

“Sejak memasuki musim hujan status kami sudah naik siaga satu dan seluruh personel telah disiapsiagakan. Sedangkan untuk potensi tenaga bantuan lain selain TNI, Polri dan pemerintahan kami juga menjalin koordinasi dengan sekitar 200-an organisasi relawan,” tuturnya. (RS)

 

114
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>