Sebarkan berita ini:
Kadinaskertrans Jateng Wika Bintang terima perewakilan pengunjuk rasa
Kadinaskertrans Jateng Wika Bintang terima perwakilan pengunjuk rasa

SEMARANG[SemarangPedia] – Pemerintah Propinsi Jawa Tengah melalui Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertarnduk) tetap akan mengacu pada PP 78 tahun 2015 tentang Pengupahan dalam menentukan upah minimum UMP/UMK bagi pekerja.

Kepala Disnakertranduk Jateng Wika Bintang mengatakan Jateng tetap menggunakan aturan yang berlaku saat ini, terkait pengupahan buruh berdasarkan PP 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

PP itu, lanjutnya, merupakan produk aturan dari Pemerintah Pusat dan daerah mengikuti aturan tersebut sepanjang belum ada perubahan.

“Kami Mewakili Gubernur untuk menerima aspirasi dari pengunjukrasa terkait penolakan PP 78 Tahun 2015 tentang pengupahan. Tahun ini, aturan penentuan UMK di seluruh Indonesia menggunakan PP itu,” ujarnya usai menerima perwakilan pengunjukrasa dari KSPI, di Kantor Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan Semarang, Rabu sore. (16/11)

Saat ini, dia menambahkan para pekerja mengajukan judial review ke Makhamah Agung terkait peraturan pemerintah 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

“Kami (Pemprov Jateng) masih menunggu proses judicial review di MA. Seandainya tuntutan buruh ke MA tersebut dikabulkan maka kami juga akan mengikuti,” tuturnya.

Sebelumnya, ratusan buruh dari sejumlah kabupaten/kota yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Jawa Tengah menggelar aksi unjukrasa di depan pintu gerbang Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan, Semarang, Rabu sore (16/11).

Aksi unjukrasa yang kesekian kalinya ini menuntut pemerintah untuk segera mencabut Peraturan Pemerintah (PP) 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. (RS)

 

64
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>