Sebarkan berita ini:

2-Demo JPBMI 1SEMARANG[SemarangPedia]- Puluhan buruh Jaringan Peduli Buruh Migran Indonesia (JPBMI) menggelar aksi demo, untuk menyelamatan migran Indonesia terhadap korban pemalsuan data paspor dari kriminalitas serta deportasi, di depan kantor Geburan Jateng di Jln Pahlawan, Kamis. (2/6)

Karsiwen dari Jaringan Buruh Migran Indonesia (JBMI) dalam rasi mengatakan peran besar yang diberikan kepada PJTKI terhadap buruh migran menimbulkan banyak permasalahan di antaranya korban perdagangan manusia.

Perdagangan manusia, lanjutnya, dilakukan dengan cara mulai dari perekrutan, penampungan, pemberangkatan dan penempatan hingga dikemudian hari terjadi banyak permasalahan.

Menurutnya, dengan diberlakukannya paspor biometrik dengan menggunakan Sistem Manajemen dan Informasi Keimigrasian (SIM KIM) dan diimplementasikan kepada buruh migran per Januari 2016 kini menimbulkan berbagai masalah bagi buruh migran.

“Sudah bukan rahasia umum, buruh migran yang pergi keluar negeri datanya banyak yang dirubah oleh PJTKI dan ketika SIM KIM diimplementasikan yang terintergrasi dengan KK dan KTP online, sehingga muncul data yang berbeda dan di negara Hongkong itu sebuah kriminalitas,” ujarnya.

Slamet Riyani buruh migran asal Pati Jawa Tengah salah satu korban yang berangkat melalui PT Dewi Pengayom Bangsa di Pati dan bekerja di Hongkong divonis sembilan bulan penjara, karena dituduh memalsukan data-data keimigrasian untuk masuk, tinggal dan bekerja negeri itu.

Slamet dituntut 14 bulan penjara dan mendapatkan keringanan 9 bulan. Bahkan hingga saat ini sudah menjalani tujuh bulan penjara di Hongkong.

“Selama tujuh bulan ini sebenarnya kami sudah melakukan beberapa upaya soft kampanye dengan bertemu Menaker Hanif Dhakiri, Kementerian Luar Negeri dan Keimigrasian, namun sampai saat ini, penanganan untuk kasus ini sangat lamban,” tuturnya.

Dengan demikian, dia menambahkan Jaringan Buruh Migran Indonesia mengumpulkan korban-korban  yang ada di Jawa Tengah agar Pemerintah Jawa Tengah juga mengetahui kasus ini, mengingat  PJTKI banyak yang beroperasi di berbagai daerah di Jateng.

 

124
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>