Sebarkan berita ini:

22-Demo1SEMARANG[SemarangPedia] – Puluhan jurmalis dari berbagai media cetak dan elektronik yang tergabung dalam Jaringan Jurnalis Perempuan (JJP) Jawa Tengah menggelar teatrikal dala rangka memeringati Hari Anak Nasional (HAN) 2016 di depan Patung Diponegoro, Undip Pleburan Jalan Pahlawan, Jumat (22/7).

Mereka dengan mengenakan pakaian seragam Sekolah Dasar (SD) merah putih, serta seragam Sekolah Menengah Pertama (SMP) putih dan biru, mereka melakukan aksi teatrikal. Aksi itu, menggambarkan aksi kekerasan pada anak berupa bullying antar siswa, dari guru ke siswa, serta dari lingkungannya, sering terjad.

Menurut Ketua JJP Jateng Rita Hidayati, tema peringatan HAN 2016 ‘Akhiri Kekerasan pada Anak’ menjadi perhatian¬† jurnalis perempuan di Jateng. Karena, di Jateng angka kekerasan terhadap anak masih tinggi.

“Data terakhir yang kami ambil dari BP3AKB (Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana) Jateng, hingga semester satu memasuki semeseter dua ini, sudah ada 566 anak yang mengalami kekerasan di Jateng. Itu untuk usia 0-17 tahun. Sangat memprihatinkan,” ujarnya.

Di wilayah Kota Semarang, lanjutnya, kasus kekerasan terhadap anak masih memprihatinkan. Di mana,  ada kasus kekerasan seksual pada anak di Banyumanik yang lambat ditangani Kepolisian.

“Saat itu, kami konfirmasi ke penyidik di Polrestabes kasus belum bisa disidangkan karena tidak ada saksi. Kami menyayangkan hal itu,” tuturnya.

Kondisi itu, mengundan JJP Jateng ikut menyerukan sejumlah tuntutan agar kasus kekerasan terhadap anak dapat ditekan. Tuntutan itu, di antaranya, mendesak penegak hukum untuk menuntaskan kasus kekerasan terhadap anak dengan memberikan hukuman berat bagi pelaku.

Selain itu,JJP juga menuntut agar pihak yang berwenang untuk menghentikan tayangan televisi yang tidak mendidik. (RS)

114
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>