Sebarkan berita ini:

22-ka-barangSEMARANG[SemarangPedia] – Target pendapatan angkutan kereta api (KA) barang PT Kereta Api Indonesia (Persero) di seluruh daerah opeasional, hingga saat ini masih terealisasi sedikitnya 60%.

Direktur Komersial PT KAI, M Kuncoro Wibowo mengatakan pendapatan di sektor angkutan kereta barang dan penumpang hingga saat ini mencapai sebesar Rp5,5 triliun.

Namun, lanjutnya, dari nilai itu angkutan penumpang kereta api yang masih mencatat pemberian kontribusi cukup menonjol, sedangkan angkutan kereta barang belum mampu  memberi sumbangsih tinggi.

“Jadi realiasasi target pendapatan KA penumpang sudah tercapai. Untuk barang belum bisa tercapai dari target 61%, ” ujar Kuncoro, di Semarang, Kamis. (22/9)

Menurutnya, untuk kereta penumpang selama 2016 terdapat kenaikan mencapai 4% dibanding tahun 2015. “Bahkan target untuk kereta api penumpang akan dinaikkan senilai Rp6,1 triliun pada 2017, ” tuturnya.

Dia menuturkan sebagai upaya untuk mendongkrak pendapatan pada kereta barang, manajemen KAI akan terus menggenjot jalur lintas baru di daerah yang pada tahun-tahun sebelumnya tidak terjangkau,  termasuk  membuka pasar baru agar pengguna jasa darat untuk barang bisa beralih ke kereta api.

“Dengan demikian, selama ini angkutan barang menggunakan truk bisa beralih ke angkutan KA. Selain cepat juga aman. Aktivitas itu juga mendorong pemasukan ekonomi daerah,” ujarnya.

PT KAI juga akan memaksimalkan membuka pasar baru untuk angkutan barang di sejumlah wilayah mulai 2016. Seperti halnya jalur KA barang di wilayah Daop IV Semarang, yakni jalur Petek, Brumbung dan Pasar Baru.

“Jadi kami tidak hanya fokus di Sumatera saja untuk barang, tapi untuk Jawa muali digarap untuk dioptimalkan, ” tuturnya. (RS)

 

334
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>